Cara Cek Bansos Lewat HP untuk Ketahui Status Penerima PBI JK, PKH, dan BNPT Tahap 4

Ilustrasi uang bansos. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi uang bansos. (Foto: Pixabay)

Topsumbar – Seperti yang diketahui, bahwa pada bulan Juni 2023 ini banyak bantuan sosial (bansos) mulai dicairkan oleh pemerintah.

Di antaranya BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), PKH (Program Keluarga Harapan) dan PBI JK (Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan).

Kamu dapat melakukan pengecekan dari ponsel saja, dengan modal koneksi internet dari rumah untuk mengetahui apakah namamu sudah masuk daftar penerima.

Bacaan Lainnya

Pada artikel ini, akan diulas informasi lengkap terkait cara pengecekan bansos PBI JK, PKH, BNPT Tahap 4 lewat ponsel saja. Apakah namamu masuk dalam daftar?

Seperti yang diketahui, pencairan tersebut masuk dalam tahap 4 pada bulan Juni 2023. Terlampir juga syarat ketentuan hingga kriteria penerimanya pada artikel ini.

Baca juga: Cair Juni 2023? Cek Data Penerima Bansos Tahap 4 BPNT, PKH dan PBI JK, Berikut Syaratnya

Cara Cek Bansos PBI JK, PKH, BNPT

Tentu saja sebelum mulai melakukan pengecekan penerimaan, pastikan bahwa informasi tentangmu sudah di data oleh DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos (Kementrian Sosial).

Selanjutnya, lakukan pendaftaran dengan download aplikasi Cek Bansos di Playstore. Kemudian, klik buat akun baru dan isi pendataan diri berupa NIK KTP, KK & nama lengkap.

Tambahkan tempat tinggal, mulai dari provinsi, kabupaten/kota serta kelurahan terkait. Lalu, lampirkan foto KTP serta swafoto serta verifikasi akun melalui alamat email yang didaftarkan.

Setelah semua tahapan pendaftaran dilakukan, kembali lah login ke Aplikasi Cek Bansos dan pilih opsi ‘Daftar Usulan’ kemudian input pendataan seperti KK, NIK dan nomor ponsel terkait.

Pilih jenis Bansos yang diinginkan seperti BNPT, PBI JK atau PKH. Terakhir, unggah foto KTP dan foto rumahmu bagian depan serta klik menu ‘Tambah Usulan’.

Jika segala prosedur di atas telah dilakukan, tunggu saja proses penyaluran diberlakukan, baik melalui rekening transfer atau pun mendatangi Kantor Pos hingga bantuan tunai berupa sembako hingga beras.

Pos terkait