Nagari Silungkang Gelar Uji Kompetensi Santri TPQ Tahun 2023

Topsumbar – Sebanyak 83 orang peserta uji kompetensi santri TPQ se Kenagarian Silungkang dibuka di Masjid Raya Silungkang pada hari Kamis 25 Mai 2023.

Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 25 s/d 27 Mai 2023 di beberapa lokasi Pondok Tahfidz Qur’an (TPQ) yang ada di Desa Silungkang.

Uji kompetensi TPQ ke-5 ini akumulasi para santri 16 TPQ dari 18 TPQ yang ada di Silungkang dan di Desa Muarokalaban. Moment rutinitas yang merupakan kalender tahunan ini sebagai ajang evaluasi kegiatan para santri, sejauh mana tingkat kemampuan mereka dalam belajar dan memaknai isi Al-Quran yang diajarkan para guru-guru (ustazd/ustazah).

Bacaan Lainnya

Desnofa didampingi oleh Neri dan Tati dari TPQ Thahara menerangkan bahwa dari 83 santri termasuk 14 santri/santriwati TPQ Tharara, 11 laki-laki dan 3 perempuan.

Mengenai materi yang diuji antara lain; praktek salat, hafalan doa-doa harian dan hadist, ayat-ayat pendek dll.

“Kegiatan ini merupakan salah satu prestasi bagi santri/santriwati juga bahan pertimbangan atau syarat untuk masuk ke sekolah SLTP, selain Qatam Al-quran,” kata Desnofa memaparkan.

Pembukaan uji kompetensi ini oleh Camat Kecamatan Silungkang, Andi Eka Putra diwakili oleh Multazam staf Kantor Camat Silungkang.

Tampak hadir tiga Kepala Desa, Syahril Kades Silungkang Oso, Wandi Kades Silungkang Duo, dan Arlen Kades Silungkang Tigo.

(ROL)

Pos terkait