Kapolres Sawahlunto Beserta PJU dan Personil Turun Ke Lokasi Bencana, Bersihkan Material Longsor

Sawahlunto | Topsumbar- Kapolres Sawahlunto, AKBP. Purwanto Hari Subekti beserta Pejabat Utama (PJU) Polres, Kapolsek jajaran serta Personil Polres dan Polsek jajaran turun serentak ke lokasi bencana tanah longsor yang terjadi di Wilayah Hukum Polres Sawahlunto, Kamis (4/5/2023).

Tingginya intensitas curah hujan sejak Dua hari ini mengakibatkan beberapa titik akses jalan amblas dan ditutupi material tanah longsor.

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti,  disela-sela kegiatan pembersihan material longsor di Jalan lintas Sumatera, Desa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, mengatakan pihaknya bersama TNI, Pemerintah Kota, Pemerintah Desa beserta dinas terkait maupun Masyarakat terus bekerja untuk menormalkan kembali kodisi ruas jalan yang terkena musibah longsor.

Bencana tanah longsor ini sempat menghambat akses kendaraan roda dua maupun roda empat dari arah Solok ke Sijunjung dan sebaliknya.

Meskipun bekerja dengan alat seadanya semuanya dapat segera teratasi.

Usai goro bersama, Kapolres Sawahlunto, AKBP. Purwanto Hari Subekti bersama Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta membesuk korban tanah longsor ke RSUD Kota Sawahlunto.

AKBP. Purwanto menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap tanah longsor.

“Lakukanlah langkah penyelamatan ketika terdengar suara gemuruh dari atas bukit, segeralah berupaya menjauh ke tempat aman. Sebab hal tersebut merupakan tanda akan terjadinya tanah longsor,” ujar Kapolres.

“Jangan panik dan tetap tenang. Evakuasi seluruh anggota keluarga dan barang-barang berharga ke tempat aman melewati jalur jalan evakuasi yang aman untuk dilewati guna menyelamatkan diri, ketika terjadi tanah longsor,” sambungnya.

Kapolres juga menekankan, hal terpenting segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau kantor Kepolisian terdekat ataupun perangkat Desa/Kelurahan termasuk OPD terkait untuk bisa memberikan bantuan evakuasi sebelum terjadinya longsor yang memburuk.

Berita terkait :

https://www.topsumbar.co.id/2023/05/tanah-longsor-di-sawahlunto-makan-korban-1-meninggal-2-luka-luka/

Pewarta : Rollys Koto
Editor  : Alfian YN

Pos terkait