Junjung Tinggi Adat Istiadat Minang Kabau

Topsumbar –Dihadapan taruna Latsitardanus XLIII tahun 2023, kompi A di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Ka Biro III Administrasi Keprajaan, Kemahasiswaan dan Alumni IPDN Baso, Provinsi Sumatera Barat, menyampaikan pesan ” Junjung Tinggi Adat Istiadat Minang Kabau”. Di Sumatera Barat.

Kunjungan Ka Biro III Administrasi Keprajaan, Kemahasiswaan dan Alumni, Baharuddin Pabba, melihat dari dekat kegiatan Latsitardanus XLIII tahun 2023, kompi A di Kecamatan Batang Kapas, dihadiri juga Sekda Pessel Mawardi Roska, Danyon, Kapolres Pessel, Dandim 0311/ Pessel. Selasa (23/5/2023)

Dalam arahanya, Ka Biro III Administrasi Keprajaan, Kemahasiswaan dan Alumni, Baharuddin Pabba mengatakan, pelaksanaan Latsitardanus XLIII tahun 2023 kali ini bukan hanya sekedar kegiatan pokok semata, sesuai dengan program yang ada. Namun, jadikan Latsitardanus saling mengenal satu taruna dengan taruna yang lain.

Bacaan Lainnya

” hilangkan ego dari mana asal. Terpenting dan utama, yaitu saling kenal kader anak bangsa,” tegas Baharuddin Pabba.

Lebih lanjut dirinya berpesan dan berharap pada taruna agar selama kegiatan berlangsung mampu menjaga sikap, prilaku, tingkah laku, tutur kata di tengah masyarakat. Dan hal penting, jaga norma adat istiadat Minang Kabau.

Hal sama juga disampaikan Sekretaris Daerah, Kabupaten Pesisir Selatan Mawardi Roska, jadikan momen penting ini sebagai khasana menambah ilmu pengetahuan dan kemampuan. Sekaligus merasakan langsung apa dirasakan oleh saudara – saudara kita dilapangan.

Pada para taruna, Sekda Pesisir Selatan itu berpesan agar keberadaan taruna bisa memberikan sprit baru, semangat baru pada masyarakat ada disekitar. Berikan motifasi bagi pelajar, keluarga dan orang tua mereka.

” lihat kondisi mayarakat dibawah, bantu mereka yang membutuhkan. Tunjukan pada masyarakat keberadaan taruna memberikan dampak positf, dan bukan dampak negatif,” harap nya.

Sementara itu Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Novianto Taryono. S.H, S.I.K,M.H dihadapan taruna, sebagai abdi negara para taruna harus cepat tanggap dengan keadaam disekitanya.

Gotong royong, turun ketengah masyarakat, berbaur dengan masyarakat, anjang sana dan tumbukan nilai positif di tengah masyarakat,” sampai Kapolres Pessel.

“negara masih butuh penerus bangsa seperti kalian semua, maka tunjukan prilaku yang baik ditengah masyarakat. Bangun citra baik ditengah masyarakat. Agar keberadaan taruna, baik Akpol, Akmil dan IPDN diminati masyarakat,” tutur AKBP. Novianto Taryono.S.H,S.I.K, M.H.

Lebih jauh Kapolres Pessek juga menyinggung isu nasional, khususnya di Sumatera Barat, dan Kabupaten Pesisir Selatan sendiri dimana masih ada beberapa kecamatan angka stunting masih cukup tinggi. Kondisi ini menjadi salah satu tugas abdi negara dalam memberikan edukasi, wawasan pengetahuan tentang apa itu stunting, dan apa yang harus dilakukan.

Sebagai daerah berada di pesisir pantai, mengantisipasi dampak dari stunami dan abrasi pantai, kurang lebih 20 ribu batang pohon mangrove akan ditanam di empat kecamatan. Yaitu kecamatan Batang Kapas, Kecamatan Sutera, Kecamatan Lengayang dan Kecamatan Ranah Pesisir. Peran aktif para taruna cukup diperlukan.

“sekali lagi moment berharga ini jangan dilewatkan, dan disia – siakan. Jaling komuniskasi, kebersamaan yang baik diantara taruna,” harap Kapolres Pessel.

Sedangkan Danyon, Letkol Arm Aris Gunawan, M. Han menyampaikan kembali pesan dan harapan agar para taruna benar – benar melaksanakan apa telah disampaikan. Keberadaan para taruna harua menjadi hal pembeda di Kecamatan Batang Kapas. Supaya, kegiatan Latsitardanus XLIII tahun 2023 mendapatkan hasil.

Beberapa kegiatan kompi A Latsitardanus XLIII tahun 2023, di Kecamatan Batang Kapas sore itu disampaikan salah seoranhg pendamping. Seperti, kegiatan goro bersam warga, pembangunan fisik, kegiatan non fisik.

Terlihat wajah sumringah terpancar dari para taruna, saat mendapatkan kunjungan Ka Biro III Administrasi Keprajaan, Kemahasiswaan dan Alumni IPDN.

Pada kesempatan itu, Dandim 0311/ Pessel Sunardi berinteraksi langsung dengan taruna akmil. Sebelum mengunjungi kompi A di Kecamatan Batang Kapas, Ka Biro III Administrasi Keprajaan, Kemahasiswaan dan Alumni, Baharuddin Pabba mengunjungi Mako Latsitardanus XLIII di komplek gedung PCC Pemkab Pessel.

Sekaligus menyerahkan bingkisan makanan pada para taruna. Ikut bersama robonhan Tun Huseno, Direktur IPDN Kampus Sumbar, Dwi Endayani Kabag Umum IPDN Kampus Sumbar, Theodoro Tangkudung Dansatgas Latsitarda IPDN, Arisman Tibi Kasubbag TU Biro III, Heri Suyanto Pasimin Satgas IPDN Latsitarda.

Serta Raju minropa (Ka. BPKAD), Swesti Fanloni (kabag organisasi), Ances Kurniawan (Kadishub), Pagara annas (Camat Padang Utara), Juni nursamza (Camat Padang Barat). Serta Kasat Pol PP dan Damkar Pessel Dailipal, Camat Denny Anggara dan Kapolsek dan Danramil Batang Kapas. (MHF)

Pos terkait