Darak Badarak Tampilkan Tari Piring, Sukses Dapatkan Hati Dewan Juri dan Masuk Grand Final

Darak Badarak bawakan tari piring
Darak Badarak bawakan tari piring

TOPSUMBAR – Darak Badarak sukses menampilkan tari piring dan berhasil memukau dewan juri di Indonesia’s Got Talent (IGT) pada 7 Agustus 2023.

Darak Badarak mempersembahkan tari piring dengan atraksi diakhir penampilan menginjak beling atau kepingan piring-piring kaca yang telah dihancurkan.

Grup sanggar asal Pariaman atau yang dikenal dengan Darak Badarak, berhasil membuat dewan juri dan penonton di studio kagum dan bertepuk tangan, pasalnya mereka berhasil memadukan lagu “Hampa Hatiku” by Ungu dengan tarian piring khas Minangkabau yang membuatnya semakin unik.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya lagu dan tariannya saja, Darak Badarak juga menampilkan langsung tari piring di depan ke empat dewan juri Indonesia’s Got Talent yang sontak membuat para juri dan penonton bergidik ngeri.

Penampilan mereka pun menuai kagum para juri

“Itu perempuan sakti juga ya,” tutur salah satu juri IGT Ivan Gunawan.

“Ini superwoman nya” sambung Rosa sembari bertanya apakah ia bisa diajarkan untuk bisa menari diatas pecahan kaca tersebut.

Ribut menjelaskan perpaduan lagu dan tari piring ini memiliki filosofi yang menjelaskan tentang pria yang sudah berjuang untuk wanitanya, namun wanita itu pergi entah kemana, sedangkan membuka kain dan menginjak pecahan kaca merupakan filosofi tentang si pria yang merasa dirinya tersakiti dan ditinggalkan namun itu salah karena yang lebih sakit diantara mereka adalah si wanita.

Tari piring merupakan tarian tradisional yang berasal dari Solok, Sumatera Barat. Tarian tradisional Minangkabau ini menampilkan atraksi menggunakan atribut piring.

Tarian ni juga merupakan seni tari yang memiliki unsur-unsur seperti gerakan, properti, busana serta musik yang secara tidak langsung menyampaikan pesan mengenai budaya masyarakat Minangkabau.

Para penari mengayunkan piring di tangan mengikuti gerakan-gerakan cepat yang teratur tanpa menjatuhkan salah satu piring. Tarian ini sipopulerkan oleh Huriah Adam.

Tari piring digunakann masyarakat Minangkabau dahulu yang masih memiliki kepercayaan kepada dewa untuk pemujaan kepada Dewi Padi pada saat musim panen tiba, masyarakat melakukan hal tersebut sebagai ucapan terima kasih atas berhasilnya panen mereka.

Saat ini sanggar Darak Badarak sudah masuk babak grand final, dimana pada babak grand final ini hanya menyisakan 5 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Darak Baadarak berhasil memukau dewan juri dan penonton dengan penampilannya, yang menampilkan kesenian menggunakan alat musik tradisional yang dikreasikan menggunakan lagu pop hip hop dan ditutup oleh aksi tari piring.

Dikutip dari video yang beredar, pimpinan Darak Badarak, Ribut Anton Sujarwo mengungkapkan bahwa mereka selangkah lagi untuk memperebutkan kejuaraan, dan meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya Sumatera Barat untuk mengirim dukungan melalui Vote.

Jangan lupa bantu vote dan support Darak Badarak sampai jadi juara. Minangkan Indonesia!

(MHF)

Pos terkait