Enam Penekanan Kapolres pada Apel Pasukan Pengamanan Pilkades di Sawahlunto Tahun 2023

Topsumbar – AKBP Purwanto Hari Subekti Kapolres Sawahlunto tekankan kepada seluruh Personil Polres untuk dipedomani. Ada 6 poin guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Pengamanan Pilkades serentak tahun 2023 di wilayah hukum Polres Kota Arang ini.

Purwanto mengatakan saat apel gelar pasukan, Selasa 16 Mai 2023 di Mako Polres setempat. Apel gelar Pasukan diikuti oleh Waka Polres, Para Kabag, Kasat, Kasie, Kasubbag, Kapolsek sejajaran dan seluruh Perwira maupun Personil Polres Sawahlunto.

“Pilkades merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat desa untuk memilih Kepala Desa,” tutur Purwanto Hari Subekti.

Bacaan Lainnya

Polri sebagai fungsi Pemerintahan di bidang Harkamtibmas, Penegakan hukum, Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan kepada masyarakat, berkewajiban untuk mengamankan jalannya Pilkades di kota Sawahlunto, sehingga Pilkades tersebut terlaksana sukses, aman, tertib dan lancar, sambungnya.

Pilkades dilaksanakan di tiga kecamatan, sembilan desa, 35 TPS yang terdiri dari Kecamatan Silungkang tiga desa, sebelas TPS, sedangkan Kecamatan Lembah Segar dua Desa, enam TPS dan Kecamatan Talawi empat desa, 18 TPS, papar Kapolres.

Pilkades dilaksanakan serentak pada hari Rabu, 17 Mai 2023. Adapun enam penekanan disampaikan Kapolres antara lain;

1. Jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama kegiatan pengamanan, niatkan pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa.
2. Laksanakan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.
3. Laksanakan tugas secara profesional, dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di manapun dan kapanpun sebagai wujud representasi Negara di tengah masyarakat.
4. Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya konflik ditengah-tengah masyarakat.
5. Dorong para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
6. Mantapkan kerjasama, sinergitas, dan soliditas TNI-Polri serta para pihak terkait. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan pengamanan.

“Semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, Bangsa, dan Negara.” harap Purwanto diakhir amanatnya.

(Rol)

Pos terkait