Perdana di Agam, Festival Anak Yatim 2023 Catatkan Sejumlah Momen

Agam | Topsumbar – Festival Anak Yatim (Yatim Fest, red)  yang dirangkai berbuka puasa bersama dan berbagi keberkahan digelar di Kabupaten Agam, Sabtu (15/4/2023).

Yatim Fest itu dihadiri 500 anak yatim dan penghafal Alquran berusia SD dan SMP digelar oleh Yayasan Abdulyatama Indonesia (YAI) Padang.

Ketua pantia pelaksana, Romi Setiawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan kebaikan bagi masyarakat agar bergerak dan tergerak dalam kepedulian terhadap sesama khususnya anak yatim.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, kegiatan bernama Yatim Fest 2023 itu merupakan yang perdana di Kabupaten Agam.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Agam atas kolaborasinya dengan Yayasan Abulyatama Indonesia (YAI) cabang Padang yang mengangkat event ini,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini jadi sarana untuk berbagi kebahagiaan dengan anak yatim agar dapat bersama- sama merasakan kebahagiaan di bulan Ramadan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan dicatat sebagai amal jariyah di mata Allah SWT,” harapnya.

Berikut sejumlah momen yatim fest yang digelar di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam dirangkum Topsumbar.co.id dari AMCNews.

Momen Tangis Bupati Agam Pecah

Momen mengharukan menghiasi acara yatim fest saat berbagi keberkahan bersama 500 anak yatim dan penghafal Alquran.

Orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Agam, Andri Warman tak mampu membendung air mata. Tangisnya pecah saat menggendong Bambang, salah seorang anak yatim piatu.

“Saya seolah bercermin melihat anak-anak ini, saya terkenang masa kecil,” ucapnya sabak.

Bupati Agam seakan tak mau kehilangan waktu sedetikpun bersama ratusan anak yatim dan penghafal Alquran itu.

Bupati Agam terus bercengkrama dan memotivasi mereka yang kurang beruntung. Bahkan, dirinya terus memeluk setiap anak yang menghampirinya.

Pada momen tersebut, Bupati Agam mengangkat 10 anak yatim piatu yang bernasib sama dengan dirinya.

Momen Festival Anak Yatim Diapresiasi Masyarakat Agam

Festival Anak Yatim yang digelar Yayasan Abdulyatama Indonesia (YAI) Padang di Kabupaten Agam diapresiasi masyarakat setempat.

Festival yang menghadirkan 500 anak yatim dan penghafal Alquran ini dinilai mampu menebar kebahagian kepada sesama.

Seperti yang diutarakan Deswita (54) singel parent asal Koto Batu, Kecamatan Lubuk Basung. Ia bersama kedua buah hatinya merasa senang bisa menjadi bagian Yatim Fest.

“Bahagia, anak-anak juga bahagia, ada motivasi supaya rajin sekolah,” katanya, di sela-sela acara Yatim Fest.

Deswita mengapresiasi festival anak yatim tersebut. Ia berharap dapat diikutkan kembali pada Yatim Fest tahun depan.

“Saya apresiasi, sebagai masyarakat awam bisa dilibatkan dengan kegiatan ini, anak saya juga tampak bahagia saat bercengkrama dengan sebayanya,” ujar warga Agam lainny, Karmila (31).

Momen Bupati Agam Berbagi Keceriaan di Festival Anak Yatim 2023

Bupati Agam, Andri Warman berbagi keceriaan dengan peserta yatim fest yang terdiri 500 anak yatim dan penghafal Alquran berusia SD dan SMP saat berkumpul di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam.

Pada festival ini mereka diajak bergembira, belajar, berdoa bersama hingga mendapat motivasi dari Bupati Agam, Andri Warman.

Raihan, salah seorang anak yatim mengaku bahagia bisa mengikuti Yatim Fest. Di acara itu, ia bisa bertemu teman-teman sebaya.

“Senang. Ada makanannya, bisa ketawa-ketawa dengan teman,” katanya.

“Iya. Bisa ketemu pak bupati,” ujar anak yatim lainnya, Aini dengan polosnya

Sementara itu, Bupati Agam menyebut Yatim Fest sebagai upaya memuliakan anak yatim dan membahagiakan anak-anak penghafal Alquran yang tak memiliki ayah dan ibu.

“Saya sosok yang dibesarkan hanya dengan seorang ibu, namun dengan tekad yang tinggi, hari ini bisa jadi bupati,” ujarnya.

Dirinya mengaku bahagia bisa berkumpul bersama ratusan anak yatim. Ia berharap Yatim Fest bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

”Saya sangat bahagia. Semoga ini berlanjut setiap tahun. Selama saya masih jadi bupati, program ini akan menjadi program rutin,” ucapnya.

Momen Andri Warman Dinobatkan Sebagai Ayah Anak Yatim Agam

Momen selanjutnya, saat Panitia Yatim Fest yang juga Ketua Yayasan Abdulyatama Indonesia Padang, Roni Setiawan Cahyadi menobatkan Andri Warman, sebagai Bapak Anak Yatim.

“Dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, Bupati Agam dikenal sebagai bapak anak yatim,” sebutnya

Bupati Agam, Andri Warman mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam kegiatan. Dirinya siap mendukung kegiatan tersebut baik moril dan materil.

“Saya selaku Bupati Agam merasa terharu dan siap mendukung Yatim Fest untuk dijadikan sebagai agenda tahunan di Kabupaten Agam,” terangnya.

Dikatakan, anak yatim merupakan  generasi penerus Kabupaten Agam yang diberikan keistimweaan oleh Allah SWT.

Untuk itu Bupati Agam berpesan kepada anak-anak yatim agar jangan merasa minder dan rendah diri dengan keadaan.

“Anak-anak ayah, kalian bisa menjadi apa saja kalian inginkan, karena tidak ada yang mustahil di dunia ini jika kita memiliki kemauan,” kata Andri Warman selaku ayah anak yatim Kabupaten Agam.

Bupati Agam mendoakan anak-anak yatim tersebut dapat menjadi orang sukses di masa depan.

“Semoga anak-anak ayah bisa menjadi generasi yang sukses,” harapnya.

Kegiatan yang berlangsung meriah itu dilanjutkan dengan mendengarkan cerita dari ayah Yayasan Abulyatama Indonesia, Angga Johan Saputra.

Kemudian diakhiri dengan berbuka bersama, salat berjamaah dan pembagian bingkisan untuk para anak yatim.

(AL)

Pos terkait