PDAM Sawahlunto Maksimalkan Pelayanan Jelang Idul Fitri 1444 H

Sawahlunto | Topsumbar – Direktur PDAM Kota Sawahlunto, Arifman beserta jajarannya siap berupaya maksimal terutama dalam melayani pendistribusian air selama hingga akhir Ramadan 1444 H. Kalaupun ada kendala terjadi, bukanlah karena ketidakprofesionalan penyuplaian air, ungkapnya ketika ditemui media ini, Senin (10/04/2023).

“Bila musim kemarau cukup lama, ini jelas debit air akan berkurang,” tutur Arifman.

Selain itu, secara geografi kota ini banyak jalur pipa mendaki dan menurun, sehingga sulit dilalui air pada debit yang kecil. Namun demikian perjuangan keras dari 48 personil melaksanakan operasional rutin tetap dilakukan pada 7 Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan 1 instalasi pompa di daerah Rantih.

Bacaan Lainnya

Terkait masalah obat-obatan kimia, pipa, spare part, aksesoris, serba naik harganya, namun PDAM tetap siap dengan segala kondisi demi kelancaran air bersih untuk semua pelanggan yang ada, sekitar 9040 di 4 kecamatan. Segala bentuk kebutuhan tersebut pun sudah distok dari sekarang karena dikhawatirkan terjadi masalah pada saat jelang lebaran. Toko pada tutup dan libur, tambahnya.

Di antara 5 pengolahan dan 2 pengolahan grafitasi terdapat di daerah Lunto dan Batu Tajam. Khusus pada waktu lebaran Idul Fitri 1444 H, PDAM sudah mengatur 20 personil untuk piket secara shift bergiliran. Dua unit mobil tanki pun stand by untuk di Talawi dan Sawahlunto.

Bagi yang butuh air bersih akan dilayani dan diprioritaskan bagi pelanggan dengan harga standar Rp75/tanki isian 3m3.

“Kepada pelanggan agar dapat melakukan kewajiban pembayaran rekening air tepat waktu, supaya tidak perlu didenda. Khusus pada bulan April ini disarankan agar bisa dibayarkan sebelum tanggal 19 April karena dekat lebaran dan waktunya kasip,” imbaunya.

Imbauan itu dikarenakan wacana Idul Fitri 1444 H dari 19 s/d 25 April 2023 para pegawai sudah pada libur.

Rencana pekerjaan PDAM tahap II tahun 2023 ini akan dilaksanakan dengan prioritas utama bagi pelanggan yang berada di kecamatan Barangin. Selama ini di Barangin sering mendapat kendala masalah disebabkan situasi penyaluran pipa air.

“Kita sangat optimal layani masyarakat, namun kalau dituntut masalah keadilan pendistribusian air ke rumah masing-masing harus sama, tentu relatif. Tergantung cuaca juga ikut mempengaruhi, musim hujan atau kemarau akan berbeda debit airnya,” jelas Arifman.

PDAM siap melayani jika ada kendala bagi pelanggan, dengan jalur kontak 08116600414. Demikian Arifman ketika dikonfirmasi di kantornya PDAM Kayu Gadang.

(Rollys Koto)

Pos terkait