27 Desa Wisata Siap Mengisi Liburan Anda

Sijunjung | Topsumbar – Sebanyak 27 Desa Wisata siap mengisi libur lebaran yang akan berlangsung mulai tanggal 19 sampai 25 April 2023 mendatang.

Libur lebaran yang berlangsung selama sepekan ini tentu tak akan disia-siakan oleh para perantau maupun wisatawan lokal.

Berdasarkan catatan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, 123,8 juta orang atau setara dengan 45,8 % jumlah penduduk Indonesia berpotensi melakukan pergerakan mudik pada lebaran kali ini.

Bacaan Lainnya

Pemicunya adalah libur sekolah dan cuti bersama. Pulau Jawa masih mendominasi asal perjalanan mudik, yakni sebesar 62,5 % atau 77,3 juta orang.

Lebih lanjut, sebanyak 27,32 juta orang atau 22,07 % akan menggunakan mobil pribadi sebagai moda perjalanan. Demikian dilansir dari www.dephub.go.id

Kabupaten Sijunjung sebagai salahsatu daerah tujuan mudik yang juga memiliki destinasi unggulan dan favorit tentu tak mau kalah.

Sebanyak 27 Desa Wisata telah siap menyambut kunjungan wisatawan, baik perantau Minang maupun wisatawan lokal asal daerah tetangga yang hendak menikmati keindahan alam Sijunjung.

Sebut saja Desa Wisata Silokek, yang baru saja mendapat penghargaan “ASEAN Tourism Award” pada Ahad tanggal 5 Pebruari 2023.

Kemudian Perkampungan Adat Sijunjung yang telah dinilai oleh Menparekraf Sandiaga Uno pada Sabtu tanggal 1 April 2023 dan merupakan Desa Wisata ke-3 yang dikunjungi dari 75 Desa Wisata se-Indonesia.

“Kita menghimbau agar melakukan CHSE (Cleanliness Health Safety Environment sustainability/Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian Lingkungan) dan memberikan pelayanan yang baik kepada perantau maupun pengunjung objek wisata” ujar Kadisparpora Kabupaten Sijunjung Afrineldi, SH pada Kamis (13/4).

Dalam surat edarannya, Disparpora Kabupaten Sijunjung juga menghimbau pelaku usaha perdagangan serta kuliner untuk membuat daftar harga dan menginformasikannya kepada pengunjung.

“Jumlah pemudik ke Sumbar tahun ini diperkirakan naik empat kali lipat dibanding tahun lalu melalui jalur darat” ujar Dedy Diantolani, Kadishub Propinsi Sumbar di laman sumbarprov.go.id pada (6/4).

Sedangkan melalui jalur udara diperkirakan mencapai 100 ribu lebih pemudik ke Sumbar pada lebaran ini, ungkap Wardarusmen, Asisten II Setdaprov Sumbar di laman yang sama.

Dari Malaysia saja diperkirakan 2 ribu orang perantau akan pulang pada lebaran kali ini, lebih lanjut Dedy Diantolani. (AG)

Pos terkait