Wako Zul Elfian Terus Dorong Proses Pengembangan BMT Berbasis Masjid

Kota Solok | Topsumbar – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar hadiri acara syukuran bersama jamaah dan takmir Masjid Nurus Sakinah Kelurahan Nan Balimo, Kota Solok, Jumat (17/3/2023).
Acara yang juga dihadiri Forkopimda, LKAAM, Bundo Kanduang dan pejabat Pemko Solok tersebut dilaksanakan dalam rangka syukuran atas selesainya pembangunan bangunan Masjid Nurus Sakinah yang dibangun ulang dari APBD Kota Solok.
Dalam sambutannya, Wako Zul Elfian mengucapkan selamat kepada jamaah Masjid Nurus Sakinah yang saat ini telah memiliki bangunan masjid yang bagus dan megah.
“Fungsi Masjid bukan sekedar sholat lima waktu saja, namun banyak kegiatan syiar Islam yang bisa dilakukan, menyelesaikan permasalahan umat, serta lain sebagainya, ke depannya, tugas jamaah dalam merawat, menjaga serta memakmurkan masjid ini,” tutur Wako.
Wako juga mendorong Masjid Nurus Sakinah untuk mulai mendirikan dan menjalankan unit Baitul Maal wa Tamwil (BMT), yang merupakan salah satu program Pemko Solok berupa pengembangan model Masjid Paripurna, yakni menjadikan masjid sebagai pusat aktifitas umat.
Dijelaskan Wako, BMT merupakan lembaga keuangan yang menganut system syariáh dan fungsi utama yang diharapkan akan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat lapis bawah dan juga pengusaha kecil karena BMT mempunyai peranan sebagai pengumpul dana bisnis maupun dana ibadah. BMT pada dasarnya merupakan pengembangan dari konsep ekonomi islam dalam bidang keuangan.
Sebagai lembaga keuangan, salah satu tugas yang dilakukan oleh BMT adalah melakukan penghimpunan dana dari anggotanya serta juga menyalurkan dana tersebut kepada para masyarakat yang menjadi anggota BMT. BMT juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan di bidang ekonomi, perdagangan industri dan juga pertanian.
BMT memadukan aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek agama sekaligus. BMT juga dapat menerima dana-dana untuk keperluan zakat, infak dan sedekah dan lalu menyalurkan kepada pihak-pihak yang memerlukannya sesuai aturan yang ada.
Selanjutnya, berbeda dengan entitas syariah lainnya yang lebih formal, seperti bank syariah dan juga entitas pasar modal syariah. BMT sendiri sebenarnya merupakan lembaga keuangan syariah yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Berdiri pada masa Rasulullah SAW dan para Khulafaur Rasyidin.
Di akhir kegiatan, Wako bersama tamu undangan, takmir masjid dan masyarakat melakukan makan siang bersama sebagai ucapan rasa syukur sekaligus silaturrahmi dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. (gra)

Pos terkait