Tim Pengujian Mutu Perikanan Lakukan Pengawasan Pengolahan Ikan di Kota Solok

Kota Solok | Topsumbar – Kepala UPTD Pengujian dan Penerapan Mutu Hasil Perikanan (PPMHP) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Dinas Pertanian Kota Solok, Jumat 17 Maret 2023.
Rombongan terdiri dari Kepala UPTD PPMHP yakni Indra Arif Nasution, S.Pi, M.Si, Kasi Penerapan Mutu Yuli Fitria, S.Pi beserta staf PPMHP, disambut oleh Kepala Dinas Pertanian Zulkifli, SP dan Analis Akuakultur Muda, Ulfa Golnarsih, S.Pi beserta staf Seksi Perikanan.
Tujuan rombongan tersebut menurut Indra Arif Nasution untuk melakukan pengawasan terhadap unit pengolahan ikan yang ada di Kota Solok serta mengambil sampel dari bahan pokok olahan ikan tersebut.
Untuk kunjungan lapangan, Rombongan dipandu oleh Analis Akuakultur Muda, Ulfa Golnarsih beserta staf untuk mengunjungi Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (Poklahsar) Kimka dan Poklahsar Kiss yang berlokasi di Kelurahan Kampung Jawa.
Poklahsar Kimka dengan Ketua Mimi Lizarti memproduksi olahan Rendang Tuna dan Kerupuk Sala Lauk. Rombongan UPTD PPMHP DKP Provinsi mengambil sampel produk olahan Kerupuk Sala Lauk dan nantinya akan diuji di Labor DKP Provinsi Sumbar.
“Poklahsar Kimka mempunyai produk olahan ikan yang enak dan tempat proses pengolahan rapi dan bersih, tinggal peningkatan jumlah produk yang diolah sehingga setiap ada kunjungan produk olahannya selalu ada,” tutur Kasi Penerapan Mutu DKP Sumbar, Yuli Fitria.
Untuk Poklahsar Kiss dengan Mira Indra sebagai ketua kelompok, mengolah olahan ikan Kerupuk Maco dan Udang. Sampel yang diambil adalah Maco dan Udang untuk diuji di labor yang sama.
“Poklahsar Kiss harus lebih banyak membuat olahan dari ikan karena untuk rasa dari olahan ikan ini enak dan pembuatan produknya harus ditingkatkan lagi serta kebersihan dalam pengolahan produk harus diperhatikan” kata Kepala UPTD PPMHP Sumbar, Indra Arif Nasution menyarankan.
Kegiatan dari UPTD PPMHP DKP Provinsi ini merupakan kegiatan setiap tahun dimana apakah olahan ikan ini sehat atau bebas dari formalin atau zat yang membahayakan serta hasil uji labor tersebut akan disampaikan ke Dinas Pertanian Kota Solok.
Analis Akuakultur Muda Ulfa Golnarsih minta kepada Rombongan dari UPTD PPMHP untuk selalu melakukan pengawasan terhadap Poklahsar maupun Unit Pengolah Ikan yang ada di Kota Solok. Dengan harapan hasil olahan ikan bebas dari formalin dan dari zat yang membahayakan sehingga hasil produk meningkat dan menambah kesejahteraan masyarakat pengolah ikan yang ada. (gra)

Pos terkait