Kelurahan Simpang Rumbio Gelar Pelatihan Aquascape

Kota Solok | Topsumbar – Kelurahan Simpang Rumbio, Kota Solok mengadakan pelatihan aquascape atau seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan yang lainnya di dalam media kaca yang diikuti oleh 12 peserta dari perwakilan masing-masing RT wilayah Kelurahan Simpang Rumbio.
Pelatihan aquascape ini digelar selama tiga hari tanggal 16 s/d 18 Maret 2023 di Aula Kantor Lurah Simpang Rumbio, dengan instruktur oleh Roma Putra bersama rekannya Eldo Firnanda dan Cendra Amel Feliciano selaku usaha perikanan hias di Kota Solok.
Dalam hal itu, Lurah Simpang Rumbio, R. Harahap didampingi Sekretaris Lurah, Fauziah Arsyadina, Kasi Ekbang, Siti Mareta Ulfah, dan Kasi Pem dan Trantib, Arkaf M.F, menyebutkan tujuan pelatihan aquascape ini adalah untuk memperkenalkan peluang bisnis aquascape kepada masyarakat serta mendorong pelaku usaha aquascape untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam berwirausaha.
“Bisnis aquascape yang masih sangat prospektif ini dapat memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat di Kelurahan Simpang Rumbio, dengan disertai kesinambungan usaha yang lebih baik, selain itu, juga meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pembuatan aquascape,” kata R. Harahap, Kamis (16/3/2023).
Tujuan utamanya untuk menciptakan sebuah gambaran “bawah air”, lanjutnya, sehingga juga harus mempertimbangkan aspek teknis pemeliharaan tanaman air. Aquascape memiliki potensi lahan bisnis, macam pembibit tanaman air dan pembudidaya ikan hias, penyedia jasa dekorasi tanaman air (aquascaper) dan penyediaan peralatan aquascape.
“Kami berharap peserta pelatihan yang mewakili RT masing-masing dapat berkarya melalui aquascape, dan juga bisa menjadikan usaha aquascape ini menjadi industri-industri kreatif yang baru di Kelurahan Simpang Rumbio serta juga bisa mengedukasikan kepada orang lain,” ungkapnya. (gra)

Pos terkait