Ikuti Pameran INACRAFT 2023, Produk Kerajinan Kota Solok Diminati Pengunjung

Kota Solok | Topsumbar – Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) menghadirkan pameran produk kerajinan International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 memamerkan produk kerajinan unggulan daerah dari seluruh Indonesia di Jakarta Convention Centre, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, selama lima hari dari tanggal 1 – 5 Maret 2023.
INACRAFT diikuti 1.118 Usaha Kecil dan Menengah (UKM), menyediakan 1.200 stan yang terdiri dari 904 anggota ASEPHI, 214 non anggota, dan 61 peserta binaan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN, dan Kementerian Hukum dan HAM, 35 BUMN, 255 peserta binaan dinas atau Dekranasda.
Sebanyak delapan UKM binaan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Solok juga tak ketinggalan mengikuti pameran kerajinan internasional terbesar di Asia Tenggara tersebut. Delapan UKM yang mengikuti ajang ini antara lain Zaki Batik, Dewi Songket, Fani Songket, Bunda Bordir, Ani Indah Bordir, Maira Collection, Zafran Crochet, dan Afiqa Crochet.
“Alhamdulillah produk kerajinan UKM Kota Solok laris manis, bahkan beberapa pengunjung meminta pemesanan secara personal kepada pelaku usaha kita. Produk yang diminati adalah songket, bordiran, dan batik,” kata Ketua Dekranasda Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian Umar yang hadir langsung di lokasi pameran bersama Wali Kota Solok.
Dengan mengikuti INACRAFT 2023, diharapkan dapat memperkenalkan produk kerajinan Kota Solok secara nasional dan memacu pelaku usaha kerajinan untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk terbaik.
“Dari keterangan pengunjung, mereka memang menargetkan stan kita, bukan hanya kerajinan saja tetapi mencari beras dan rendang, karena ini ajang pameran kerajinan, kami hanya mengarahkan mereka kepada UMKM kita dengan memberikan kontak Whatsapp dan Instagram,” ungkapnya.
Ketua Dekranasda sangat senang dan berterimakasih kepada seluruh pelaku usaha serta jajaran Dekranasda Kota Solok yang ikut serta memamerkan produk-produk kerajinan unggulan khas Kota Solok.
Sementara itu, Walikota Solok Zul Elfian Umar saat berada di stan Dekranasda Kota Solok menyampaikan kesannya stan Dekranasda Kota Solok ditata dengan sangat baik sehingga nyaman untuk pengunjung yang datang.
“Saya melihat saingan stan Kota Solok sangat berat, karena disatukan dengan stan sesama daerah Sumatera Barat yang menjual produk sejenis, namun Alhamdulillah stan kita mampu bersaing dan sangat ramai dikunjungi. Semoga ajang ini dapat menjadi media pembelajaran yang berharga bagi pelaku usaha kerajinan Kota Solok,” harap Wako. (gra)

Pos terkait