Disdukcapil Jemput Bola, Manfaatkan Momen Pembuatan KTP Digital

Sawahlunto | Topsumbar – Dalam mendata dan menciptakan efisiensi terhadap identitas kependudukan, pihak Disdukcapil Kota Sawahlunto sudah lakukan berbagai terobosan. Versi jemput bola dan pemanfaatan momen pun dilakukan seefektif mungkin.

Prasetyo Utomo petugas Disdukcapil Kota Sawahlunto ketika gelar acara musrenbang tingkat Kota Sawahlunto di Hall PT BA UPO, Senin, 20 Maret 2023 memanfaatkan momen tersebut. Menurut Prasetyo yang didampingi oleh Desrinangsih Nazer dan Yolanda Suryaningtias Gultom, pada acara formil maupun non formil yang mengumpulkan banyak orang, disinilah mereka bisa bekerja dominan dalam pembuatan KTP digital.

“Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan status kependudukan yang terintegrasi dengan sistem android dan bisa didownload melalui play store. Dengan aplikasi IKD penduduk terbantu dalam efisiensi data kependudukan dengan aplikasi IKD yang sudah terinstal di perangkat android. Di dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa item yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, berupa dokumen NPWP, BPJS akta dan lainnya,” ungkap Prasetyo.

Bacaan Lainnya

Dari sisi penghematan sangat efektif, hemat anggaran blangko dokumen karena anggaran terbesar adalah pengadaan blangko KTP-el dan penerapan identitas digital dll, tukuk Prasetyo yang fokus melaksanakan tugas diinstruksikan pimpinannya Andy Rastika, Kadis Dukcapil Kota Sawahlunto. Di kesempatan ini pula segenap peserta Musrenbang tingkat Kota Sawahlunto serta para awak media dapat melakukan proses KTP digital yang dilayani oleh 3 orang petugas Disdukcapil di lokasi yang sama.

(Rollys Koto)

Pos terkait