Tim Pemeriksa Kesehatan Calon Jemaah Haji Kota Solok Ikuti Pelatihan

Kota Solok | Topsumbar – Dinas Kesehatan Kota Solok melalui Seksi Pelayanan Kesehatan adakan pertemuan dan pelatihan terhadap Tim Pemeriksa Kesehatan Calon Jemaah Haji Kota Solok Tahun 2023 di Aula Dinas Kesehatan, Kamis (9/2/2023).
Pelatihan ini bertujuan untuk mendukung kesehatan jemaah haji agar dapat menunaikan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam. Sehingga perlu dilaksanakan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kesehatan jama’ah haji melalui penyelenggaraan kesehatan haji.
Setiap penyelenggaraan ibadah haji, kesehatan selalu menjadi aspek yang penting, dalam Undang Undang No. 62 tahun 2016 tentang Penyelengggaraan Kesehatan Haji pada Pasal 4 ayat 1 di tetapkan bahwa pembinaan kesehatan haji diselenggarakan secara terpadu, terencana, terstruktur, dan terukur melalui serangkaian kegiatan promotif dan preventif yang di mulai pada saat Jemaah Haji mendaftar sampai kembali ke Indonesia.
Setiap jemaah haji harus dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pembinaan kesehatan jemaah haji. Dalam rangka menjaga kemampuan jamaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan atau Istitha’ah kesehatan haji, Dinas Kesehatan Kab/Kota diharuskan membentuk Tim Pemeriksaan Kesehatan Haji di wilayahnya. Tim ini memiliki tugas melakukan pemeriksaan Kesehatan Haji dan pembinaan kesehatan jemaah haji di Puskesmas atau di Rumah Sakit yang di tunjuk.
Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kota Solok Emil Reza Razali, S.Si. Apt, M.Farm dalam sambutannya menyampaikan tentang bagaimana tindakan untuk menjaga agar jemaah haji dalam kondisi sehat.
“Selanjutnya mencegah terjadinya transmisi penyakit menular yang mungkin terbawa oleh Jama’ah Haji, dan memaksimalkan peran serta medis dalam penyelenggaraan Kesehatan Haji,” tuturnya.
Sementara itu Sub Koordinator Pelayanan Kesehatan Indrayani, Amd. Keb, SKM dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta pada pertemuan ini sebanyak 40 orang.
“Harapan dari diadakan nya pertemuan ini adalah terlaksananya Pemeriksaan Kesehatan Calon Jemaah Haji Tahap I Kota Solok Tahun 1444 H/2023 M tepat waktu dan setiap Petugas Kesehatan dapat melaksanakan pemeriksaan Kesehatan Haji di puskesmas wilayah tempat tinggal Jama’ah Haji,” terang Indrayani.
Salah seorang petugas pemeriksa kesehatan perwakilan dari RS M.Natsir Solok Ema Fauziah, SKM, MM menyampaikan untuk pemeriksaan kesehatan Rontgen dan EKG akan dilakukan di RSUD M. Natsir Solok bagi Calon Jema’ah Haji.
Kemudian Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Solok, Rabamis, S.Ag menyampaikan bahwa sebanyak 63 orang jemaah haji tunda 2020 yang akan di berangkatkan tahun ini, sedangkan estimasi jamaah haji di tahun 2023 masih menunggu Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dari Kemenag Pusat. (gra)

Pos terkait