SMKN 1 Sutera Gelar Workshop Kewirausahaan Bagi Siswa

Pesisir Selatan | TopSumbar – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sutera menggelar Workshop Kewirausahaan dengan tema “Menumbuh Kembangkan Jiwa Wirausaha di Kalangan Anak Muda” di aula sekolah setempat, Sabtu (4/2). Kegiatan yang dibuka Kepala SMKN 1 Sutera diwakili Waka Humas, Zulhafdi Tomi itu diikuti sebanyak 97 peserta yang merupakan siswa Kelas XII.

Ketua Jurusan Akuntansi SMKN 1 Sutera, Devilian Fitri menyampaikan ucapan terima kepada narasumber, H Meldian yang telah hadir untuk berbagi ilmu dan pengetahun dengan siswa-siswi. “Semoga apa yang disampaikan dalam kegiatan Workshop Kewirausahaan ini berguna bagi siswa dan siswi kami nantinya,” Devilian.

Zulhafdi Tomi selaku Waka Humas mewakili Kepala SMKN 1 Sutera menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara guru tamu dan peserta Workshop Kewirausahaan itu mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan tim yang hadir meluangkan waktu berbagi bersama SMKN 1 Sutera. “Semoga kegiatan ini berlanjut setiap tahunnya, dan memberikan energi positif kepada siswa siswi kami,” harapnya.

Bacaan Lainnya

H. Meldian, selaku Narasumber Workshop Kewirausahaan mengatakan, pentingnya menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan anak muda dengan dengan niat yang kuat, berani untuk memulai, bermental pejuang dan mempunyai mimpi besar.

“Berani untuk memulai dari yang kecil, tapi mempunyai cita-cita besar, *Start Small Think Big* . Orang yang berani untuk memulai untuk usaha resikonya kegagalannya hanya 50 ?n kemungkinan keberhasilannya juga 50%. Akan tetapi, orang yang tidak berani untuk memulai sama sekali, maka resiko kegagalannya 100%. Kenapa? karena tidak melakukan aksi sama sekali,” ucapnya.

Disebutkan, menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini sangat penting, dan hendaknya ada sebahagian anak muda yang bercita-cita setelah tamat sekolah atau perguruan tinggi membuka peluang kerja, bukan untuk mencari pekerjaan. Dengan demikian akan banyak membuka peluang kerja bagi orang lain, sehingga dengan sendirinya akan menurunkan tingkat pengangguran, dan menambah kenaikan presentase jumlah pengusaha di Indonesia.

Thomas J Stanley melakukan penelitian terhadap 733 milyuner di Amerika Serikat, ternyata IQ tidak termasuk dalam 10 besar faktor penentu kesuksesan seseorang dalam membangun bisnis. Adapun 10 besar faktor faktor yang mempengaruhi dan menentukan kesuksesan seseorang  adalah kejujuran, disiplin, mudah bergaul, pasangan hidup yang mendukung, kerja keras, cinta terhadap apa yang dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian yang kompetitif, hidup teratur dan kemampuan untuk menjual (personality of sales), ungkapnya.

“Setiap kita berpotensi menumbuhkembangkan jiwa bisnis yang dalam diri sendiri. Oleh karena itu, carilah lingkungan yang akan membawa ke sana. Suka membaca buku motivasi kewirausahaan, succes story, bersilaturrahmi dengan orang-orang yang telah berhasil membangun bisnisnya sehingga akan ketularan cara berpikirnya dan cari mentor untuk untuk bertukar pikiran mendengarkan arahan mereka.

Menurutnya, sebagai orang yang beriman dalam membangun bisnis orientasi jangan dunia saja, tetapi jadikan wasilah untuk menggapai kebaikan dunia dan akhirat. Apa gunanya uang banyak tapi tidak taat kepada Allah, maka hidupnya tidak akan bahagia.

“Sedikit, tapi berkah Insya Allah akan mencukupi dan membawa kepada ketaatan. Banyak, tapi tidak berkah, maka tidak akan mencukupi sehingga akan membawa kepada kemaksiatan. Tentu yang ideal banyak dan berkah. Mari jadi pengusaha dunia akhirat,” ajaknya.

Dalam Workshop Kewirausahaan itu, siswa dan siswi SMKN 1 Sutera begitu antusias berdialog interaktif dan bertanya kepada narasumber. Mereka berharap kegiatan ini berlanjut ke adik-adik kelas nantinya dan mengucapkan terima kasih kepada H Meldian selaku Owner Hannah Hotel yang telah memberikan materi motivasi kewirausahaan kepada peserta Workshop Kewirausahaan di SMKN 1 Sutera tersebut.

(RD)

Pos terkait