Siswa SMKN 1 Painan Lakukan Kunjungan Industri Manajemen Perkantoran Ke PT Semen Padang

Pesisir Selatan | TopSumbar – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kegiatan Kunjungan Industri Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ke PT Semen Padang, Rabu (1/2).

Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan mengatakan, kegiatan Kunjungan Industri Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ke PT Semen Padang adalah untuk melihat dari dekat sistim manajemen perkantoran PT Semen Padang,

“Ya, melalui kunjungan ke PT Semen Padang itu akan dapat memotivasi siswa untuk lebih giat menimba ilmu. Sesuatu hal yang besar dimulai dari yang kecil. Kami atas nama SMKN 1 Painan mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Semen Padang yang telah menerima kami dan memberikan masukan tentang dunia kerja,” katanya.

Bacaan Lainnya

Selain itu Syamsul Mardan mengatakan, dalam rangka menuju SMKN 1 Painan sebagai pusat keunggulan (center of excelence) diperlukan perencanaan yang matang dan dimulai dari penyusunan kurikulum. “Dari 7 program keahlian yang ada  di SMKN 1 Painan, semuanya kurikulum tingkat satuan penddikan (KTSP) memperoleh predikat Amat Baik”, ungkapnya.

Ia menyebutkan, hal itu dinilai oleh Tim Penilai KTSP Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu. Dalam kurikulum menggambarkan arah pelaksanaan pendidikan yang akan dicapai untuk satu tahun kedepan.

Adapun 7 Program Keahlian di SMKN 1 Painan tersebut adalah Teknik Komputer dan Informatika, Akuntansi dan Keuangan, Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Kuliner, Perhotelan dan Jasa Pariwisata dan Teknik Elektronika.

Lebih lanjut disebutkan, selain itu SMKN 1 Painan juga terus berupaya membangkitkan jiwa entrepreneur siswa untuk menangkap peluang-peluang usaha ekonomi. Seorang entrepreneur memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif serta imajinatif ketika ada sebuah peluang usaha dan bisnis baru.

Akan tetapi disamping itu,  seorang entrepreneur harus dapat memberdayakan dirinya untuk kebaikan sekitarnya, bukan orang yang memanfaatkan sekitarnya untuk kepentingan dirinya.

Kelebihan menjadi seorang entrepreneur antara lain, memiliki kesempatan untuk mewujudkan cita-cita, memiliki kesempatan untuk menciptakan perubahan, untuk mencapai potensi penuh, untuk menuai keuntungan yang mengesankan, memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan pengakuan untuk usaha, dapat melakukan apa yang disukai dan dapat memanfaatkan hasilnya untuk kabaikan.

(RD)

Pos terkait