Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Dimaksimalkan

Pesisir Selatan | TopSumbar -Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kegiatan kunjungan ibu hamil di Nagari Kubu Tapan, Kamis (2/2). Kunjungan ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil.

“Kehamilan resiko tinggi adalah kehamilan yang kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya bahaya atau komplikasi baik terhadap ibu maupun janin yang dikandungnya selama kehamilan, melahirkan ataupun nifas,” kata Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM, Kamis (2/2).

Adapun resiko tinggi pada kehamilan antara lain, Hipertensi, Diabetes, KEK (Kekurangan Energi Kronik), Anemia, terlalu tua atau terlalu muda, Obesitas dan penyakit penyerta seperti jantung.

Bacaan Lainnya

Kekurangan Energi Kronis (KEK) adalah kekurangan energi yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhan perkembangan janin. Ibu Hamil di kategori kan KEK apabila Lingkar Lengan Atas (LILA) kurang dari 23,5 cm.

Seorang Ibu hamil yang Kekurangan Energi Kronis (KEK) memiliki gejala seperti merasa lelah terus menerus, wajah pucat dan tidak bugar, sangat kurus, serta mengalami penurunan berat badan.

KEK selain membahayakan kesehatan ibu juga dapat membahayakan kesehatan janin sehingga dapat menyebabkan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), perkembangan organ-organ janin terganggu bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Pada kunjungan rumah Ibu hamil  diberikan penyuluhan tentang Gizi seimbang untuk Ibu hamil, serta penyuluhan tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan ke fasilitas kesehatan, bidan dan dokter selama kehamilan.

“Kunjungan pada bumil bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan pada ibu hamil sehingga dapat menekan angka kesakitan dan kematian pada ibu dan bayi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh petugas KIA Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Jarlen Nurleksmi,A.Md.Keb, Jeni Aprita,A.Md.Keb. dan Bides Nagari Kubu Tapan  Nia Rossiani M,A.Md.Keb,” ungkapnya.

(RD)

Pos terkait