Inovasi Smart X dan Peningkatan TKDN dalam Membangun Indonesia Cerdas

Bandung | Topsumbar – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Heppy Dharmawan hadiri Seminar Inovasi Smart X dan Peningkatan TKDN dalam Membangun Indonesia Cerdas bertempat di Aula Timur ITB, Selasa (14/02).
Kegiatan seminar ini dilaksanakan untuk memberikan masukan dan saling bertukar informasi terkait permasalahan dan inovasi – inovasi antara pelaku implementasi kota cerdas dari akademisi, pemerintah, industri, dan stakeholder lain. Melalui seminar ini dapat melihat potensi dan inovasi yang selaras dengan perkembangan dan permasalahan kota.
Smart “X” adalah karakter “X” yang dapat memanfaatkan sumber dayanya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan setiap tantangan dengan menggunakan solusi cerdas dengan menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan untuk meningkatkan kualitas hidup.
Seminar dibuka oleh Prof. Suhono Harso Supangkat, M.Eng, CGEIT, selaku Kepala Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi 1 pemaparan keynote. Keynote Speaker 1 oleh Dr.Hendrar Prihadi, S.E., M.M. selaku Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, membahas mengenai TKDN untuk Mendukung Layanan Smart X.
Kemudian dilanjutkan oleh Keynote Speaker 2, Indra Gunawan, SE, M.PA. selaku Sekretaris Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, yang memaparkan mengenai Tantangan, Arahan dan Kebijakan Kota Cerdas Terkait PP 59 2022.
Setelah itu memasuki sesi 2 Diskusi Panel bersama 6 Pembicara mengenai Tantangan dan Inovasi untuk Kota-kota di Indonesia, dengan moderator Okyza Maherdi Prabowo, M.T. selaku Peneliti Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB khususnya Bidang IT.
Paparan 1 mengenai Pemberdayaan Masyarakat untuk Indonesia Cerdas oleh Dr. Eng. Hary Budiarto, M.Kom selaku Kepala Badan Litbang SDM Kominfo RI. Paparan 2 mengenai Inovasi untuk Kabupaten Cerdas oleh Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A. selaku Bupati Indramayu yang diwakilkan oleh Ir. Akhmad Budiharto, MM selaku Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Indramayu.
Selanjutnya Paparan 3 mengenai Sirkular Ekonomi dan Green Economy oleh Yuliani Dwi Lestari, S.T, MBA, Ph.D. selaku Dosen SBM ITB. Paparan 4 mengenai Produk Inovasi Plug and Play oleh Gedion S. Paparan 5 Mendukung Layanan Smart X oleh Dr.Fadhil Hidayat, S.Kom., M.T. selaku Peneliti SCCIC ITB. Dan terakhir Paparan 6 mengenai Komponen Pengujain TKDN dalam membangun Smart City oleh Ermawan Agus Sudaryanto selaku Kepala Bagian Fasilitasi Kandungan Lokal SBU PIK PT. Sucofindo yang mewakili Mas Wigrantoro Roes Setiyadi selaku Direktur Utama Sucofindo.

(gra)

Pos terkait