Truck Tanki Pertamina yang Terjun ke Jurang di Cubadak Bungkuk Silaing Berhasil Dievakuasi

Padang Panjang | Topsumbar – Truck tangki Quester Pertamina nomor pol B 9216 SFV yang terjun ke jurang sedalam lebih kurang 100 meter (sebelumnya diberitakan lebih 50 meter, red) di tanjakan Cubadak Bungkuk, Silaing Bawah kota Padang Panjang pada Minggu (27/11/2022), malam lalu, akhirnya berhasil di evakuasi pada Rabu (14/12/2022) dini hari pukul 02.30 WIB.

Kapolres Padang Panjang AKBP Donny Bramanto S.I.K melalui Kasat Lantas polres Padang Panjang Iptu Aldy Lazzuardy membenarkan proses evakuasi truck tangki Pertamina yang terjun ke jurang di Cubadak Bungkuk tersebut dilakukan Rabu dini hari tadi.

Bacaan Lainnya

“Proses evakuasi ini sengaja dilakukan tengah malam atau dini hari bertujuan agar tidak mengganggu arus lalu lintas di jalur tersebut. Sebab, jalur tersebut dari pagi hingga malam merupakan jalur sangat padat aktivitas lalu lintas,” tutur Iptu Aldy dalam pesan tertulis dibagikan Paur PIDM Humas polres Padang Panjang, Bripka Ciputra diterima Topsumbar.co.id, Rabu (14/12/2022).

Sementara itu, Kanit Laka Aipda Rikki juga selaku gakkum yang turut mendampingi Kasat Lantas Iptu Aldy, mengatakan proses evakuasi dini hari tadi merupakan proses evakuasi yang ke tiga kalinya.

“Sebelumnya telah dilakukan dua kali upaya evakuasi, namun gagal, karena terkendala crane yang digunakan sebagai alat saat evakuasi mengalami kerusakan,” kata Rikki.

“Selain itu, truck pengangkut BBM tersebut jatuh sampai ke dasar jurang berkedalaman 100 meter yang bermedan terjal sehingga sulit untuk di tarik ke atas,” lanjut Rikki.

Diterangkan Rikki, selama proses evakuasi berlangsung pihaknya dibantu beberapa instansi seperti TNI, Damkar kota Padang Panjang, BPBD kota Padang Panjang dan masyarakat setempat serta cuaca dengan curah hujan yang tinggi juga menjadi halangan bagi pihaknya melakukan evakuasi.

“Pada evakuasi yang ke tiga yang berlangsung selama 2-3 jam dini hari tadi, kami lakukan penutupan arus lalu lintas dan terkait penutupan arus lalu lintas sebelumnya telah kami beritahukan di media sosial,” terang Rikki.

“Berkat bantuan segala pihak akhirnya sekitar pukul 02.30 WIB truck tangki Pertamina berhasil kami evakuasi dari dasar jurang sampai ke jalan dengan menggunakan satu unit crane sebagai pengangkat dan satu buah truck 6×4 yang berfungsi membantu menarik kendaraan ke atas jalan,” tutup Riki.

(Alfian YN)

Pos terkait