Sawahlunto Raih Dua Penghargaan Sekaligus dari KPID Sumbar

Sawahlunto | TopSumbar – Kota Sawahlunto berhasil meraih 2 penghargaan dalam Malam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Barat. Acara ini digelar pada Rabu malam, 7 Desember 2022 di Auditorium Rumah Kediaman Gubernur Sumbar.

Walikota Sawahlunto menerima anugerah khusus kepala daerah peduli penyiaran, serta LPP Lokal Radio Sawahlunto FM menerima Anugerah Program siaran Feature terbaik.

Ketua KPID Sumbar, Rahmadi Sutrisno, S.H menyampaikan Anugerah KPID Sumbar merupakan bentuk Ikhtiar KPID untuk meyemangati dan memotivasi insan penyiaran di Sumatera Barat dalam memberikan konten-konten siaran yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Rahmadi Sutrisno juga menyebutkan, Lembaga penyiaran merupakan mimbar besar yang sangat berpengaruh dan berkontribusi besar terhadap publik, dengan artian apa yang didengar dan apa yang dilihat sangat berpengaruh terhadap sel-sel kognitif masyarakat.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menyebutkan tugas dari KPI dan KPID sangat luar biasa, sebab Undang-Undang penyiaran memberikan kewenangan KPI dan KPID untuk melakukan pengasawan dalam konten siaran, menerima aduan dari masyarakat terhadap konten yang diduga melanggar serta memeriksa dan meminta keterangan lembaga penyiaran dan pihak lain yang terkait, dan menjatuhkan sanksi jika terbukti ada pelanggaran yang dilakukan oleh lembaga penyiaran.

Mahyeldi juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap KPID Sumatera Barat yang dinilai telah mampu melaksanakan tugas dan wewenang dengan baik. Diharapkan kepada lembaga penyiaran yang ada di Sumatera Barat agar tetap mengacu kepada UU penyiaran yang ada saat ini dalam ikut ambil bagian mencerdaskan masyarakat.

Disisi lain, Walikota sawahlunto Deri Asta yang menerima penghargaan sebagai kepala daerah peduli penyiaran dalam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Barat, menyebutkan lembaga penyiaran berperan besar terhadap perkembangan dinamika yang ada saat ini, sehingga benar-benar dibutuhkan konten-konten yang bermanfaat bagi masyarakat.
Dengan pentingnya lembaga penyiaran, Deri Asta menilai harus ada dukungan dari pemerintah, dan hal tersebut teah ditunjukkan oleh pemerintah Kota Sawahlunto yang memberikan dukungan penuh terhadap LPP Lokal Radio Sawahlunto FM dalam berkarya baik dari segi anggaran maupun dukungan lainnya.

Pemberian anugerah KPID Sumbar Award 2022 dimulai dari pemberian penghargaan kepada tokoh peduli penyiaran yang diserahkan Gubernur kepada Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Sawal, anggota DPRD Sumbar Hidayat, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Hansastri, serta Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Muhammad Iqbal. Selanjutnya untuk Kepala Daerah Peduli Penyiaran diberikan kepada Walikota Padang dan Walikota Sawahlunto. Kemudian anugerah kepada tokoh inspirasi penyiaran, yakni Ferry Zein, Sumartono, Defri Mulyadi dan Simen Hadi. Sedangkan penghargaan life time achievement diberikan kepada Yuheri Zahar dan Alm. St. Zaili Asril.

(Rollys Koto)

Pos terkait