Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat bersama Warga PPA

Kota Solok | Topsumbar – Dinas Kesehatan Kota Solok berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat mengadakan gebyar gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) di lapangan terbuka Pasar Pandan Air Mati Kota Solok, Minggu (11/12/2022).
Kadinkes Provinsi yang diwakili drg. Affando Ekardo, MM dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan ini digelar di Kota Solok ialah upaya promotif (promosi kesehatan) dan preventif (pencegahan penyakit) untuk kelangsungan hidup dan untuk kesehatan masyarakat di Kota Solok dan bagaimana program dan kegiatan hidup bersih dan sehat (PHBS) dapat diterapkan.
Kadinkes Kota Solok yang diwakili Niko Rianda Putra, MKM mengucapkan terimakasih kepada Dinkes provinsi yang melakukan kunjungan ke Kota Solok yang mana ini adalah suatu gerakan masif dari pusat, provinsi sampai ke daerah sesuai Instruksi Presiden tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. “Kegiatan ini adalah gerakan kita bersama yang melibatkan seluruh sektor baik itu dari sektor kesehatan, perangkat kelurahan dan masyarakat,” ungkapnya.
Melalui kegiatan ini, Niko berharap masyarakat agar menerapkan 7 indikator Germas yaitu melakukan aktifitas fisik, budayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat.
Kegiatan yang diawali dengan senam bersama ini dihadiri oleh 200 orang peserta. Setelah senam bersama dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gigi, kesehatan mata gratis dan diakhiri pembagian doorprize.
Turut Hadir dalam kegiatan ini Anggota DPRD Prov. Sumbar H. Daswippetra Dt. Manjinjiang Alam, petugas UPTD Balai Kesehatan Indra Masyarakat (BKIM), Tim Dinkes Provinsi, dan Tim Dinas Kesehatan Kota Solok.

(HT)

Pos terkait