Gebrakan Dahsyat Tunjukan Bakat Geliat Seni Rotasi Ekonomi

Sawahlunto | Top Sumbar – Disaat gencar-gencarnya Pemko Sawahlunto melakukan upaya program ekonomi kerakyatan untuk mensejahterakan masyarakatnya, maka lahirlah gebrakan baru yang selama ini belum pernah ada.  Gebrakan dahsyat tunjukan bakat merupakan wadah atau ajang para pencinta dan pelaku seni multi talenta, mulai dari tarik suara, sampai dengan skill individu dalam kepiawaian memainkan aneka jenis alat musik.

Seorang Kapolsek Sawahlunto IPTU Marwan bukan hanya sekadar Pelayan, Pelindung dan Pengayom tapi juga penggagas ide yang secara kasat mata berdampak positif terhadap putaran ekonomi masyarakat kota ini. “Tunjukkan bakat dan talenta anda!”, itulah judul pertunjukan ini yang sudah berjalan sejak 30 Oktober 2022 lalu.

Kepada Top Sumbar, Marwan menerangkan bahwa pagelaran ini sudah terlaksana sebanyak 6 kali di setiap Sabtu malam minggu. Gelar perdana di halaman Gedung Pusat Kesenian (GPK), namun sejak GPK terbakar kegiatan berpindah ke parkiran Pasar Sawahlunto.

Bacaan Lainnya

Sejak terobosan baru IPTU Marwan ini, hadir sepertinya bakat seni khususnya anak-anak muda jadi termuarakan. Pasar Sawahlunto tumpah ruah setiap malam minggu dan antrian mereka untuk unjuk kebolehan. Penampilan yang dianggap bagus oleh para juri diberi hadiah bingkisan sehingga bejubel masyarakat kota ini berdatangan dari 4 kecamatan.

Lebih dahsyat lagi, ketika momen ini menghadirkan artis nasional rangking 3 Liga Dangdut (LIDA) 2019 di Pusat Pasar Kota Sawahlunto, sangat berdampak sekali bagi pedagang toko dan kuliner, sehingga geliat seni dan rotasi ekonomi cukup dahsyat. Kegiatan ini dipandu oleh Ringgo Musik dan Sapu Jagat Band, pimpinan Ringo dan Iwan.

Muchtar, WS selaku pelaku seni dan pengurus Dewan Kesenian sangat apresiasi dengan prakarsa dari Kapolsek Marwan, namun kegiatan ini perlu dukungan semua pihak baik dari eksekutif dan legislatif maupun dari pihak ketiga yang lain. “Ini harus kita bantu baik moril maupun materil”, harap Pak An, “sebagai hadiah dan bingkisan yang diberikan buat yang berprestasi”.

Dari sudut pandang ninik mamak atas kegiatan ini, RK. Dt. Rajo Mangkuto sangat menilai positif, karena di setiap malam minggu mayoritas anak-anak muda terfokus kumpul pada satu titik, tidak berkeliaran kemana-mana dan wajah kota semakin hidup semarak. Demikian RK Dt. Rajo Mangkuto yang juga pelaku seni Kota Sawahlunto. (Rollys Koto)

Pos terkait