Dinas Kesehatan Adakan Pengukuran Tingkat Kebugaran ASN Pemko Solok

Kota Solok | Topsumbar – Dinas Kesehatan Kota Solok mengadakan kegiatan pengukuran kebugaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko di Lapangan Merdeka, Jumat (9/12). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta perwakilan OPD se-Kota Solok.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Elvi Rosanti menyampaikan tujuan dari kegiatan kebugaran ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran para ASN dalam bekerja di pemerintahan dan untuk mengetahui aktivitas apa yang boleh dilakukan oleh para peserta setelah diukur kebugarannya.
Pengukuran kebugaran jasmani bagi ASN bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan perilaku bagi aparatur untuk meningkatkan kesehatannya dengan disiplin melakukan latihan fisik atau olahraga disertai dengan pengukuran atau tes kebugaran secara berkala. Untuk itu, diperlukan kegiatan orientasi dan praktek (tes kebugaran) kepada ASN.
Sebelum melaksanakan tes kebugaran, para peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk memperoleh nomor dada, setelah itu peserta langsung diukur tensi dan nadinya, kemudian peserta diberikan sarapan ringan yaitu buah pisang.
Selesai sarapan ringan, peserta dipandu untuk melakukan peregangan otot terlebih dahulu, berikutnya dilanjutkan dengan pengukuran kebugaran berupa aktivitas lari atau rock port yaitu mengukur waktu tempuh lintasan sepanjang 1,6 Km dilihat dari umur dan jenis kelamin.
Setelah menyelesaikan aktivitas lari setara dengan empat putaran Lapangan Merdeka, peserta diberi waktu lima menit untuk istirahat kemudian diukur kembali nadi dan tensi peserta, jika nadi dan tensi peserta ada yang tinggi maka langsung akan diberikan penyuluhan oleh dokter mengenai olahraga apa yang boleh dilakukan sesuai dengan tingkat kebugaran peserta tersebut.
Setelah seluruh proses pengukuran kebugaran selesai dilaksanakan, peserta selanjutnya diberi sarapan berat seperti lontong dan nasi goreng, dan satu butir telur untuk kembali meningkatkan stamina.

(HT)

Pos terkait