Bupati Agam Ekspos RDTR Geopark Ngarai Sianok dan Maninjau di Kementerian ATR-BPN

Agam | Topsumbar – Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM ekspos Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Geopark Ngarai Sianok dan Maninjau ke Kementerian ATR-BPN, Kamis (9/12/2022) di Hotel Sutasoma, Jakarta Selatan.

Melansir laman AMC news, pada ekspos tersebut, bupati mempresentasikan RDTR Geopark Ngarai Sianok dan Maninjau untuk Wilayah Perencanaan (WP) Matur dengan luas sekitar 3.300 hektare.

“Luas tersebut mencakup enam nagari yakni Tigo Balai, Matur Mudiak, Lawang, Matua Hilia, Parit Panjang dan Panta Pauh,” sebut bupati di hadapan Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN.

Bacaan Lainnya

Proses yang telah dilakukan sebut bupati, pemerintah daerah telah melakukan sejumlah Focus Group Discussion (FGD). Pertama FGD terkait penetapan kawasan dan paparan laporan pendahuluan.

Lalu, Konsultasi Publik I dan FGD kedua terkait penyepakatan konsep rencana struktur ruang dan rencana pola ruang. FGD ketiga Konsultasi Publik II.

Kemudian FGD keempat terkait pembahasan ketentuan pemanfaatan ruang dan muatan peraturan zonasi RDTR. Selanjutnya FGD ke lima ekspos laporan akhir RDTR dan KLHS.

“Pemerintah daerah juga telah menyiapkan sejumlah bukti fisik yang menjadi bahan kelengkapan administrasi,” sebutnya.

(AL)

Pos terkait