Kemensos RI Bantu 76 Kursi Roda Untuk Disabilitas Di Pesisir Selatan

Kemensos RI Bantu 76 Kursi Roda Untuk Disabilitas Di Pesisir Selatan

Pesisir Selatan | TopSumbar – Kementerian Sosial Republik Indonesia (RI),  menyalurkan bantuan ke kabupaten pesisir selatan sebanyak 76 unit kursi roda dan juga paket sembako bagi para penyandang disabilitas yang akan dibagikan disejumlah kecamatan yang ada di daerah itu.

“Ya, untuk tahap awal ini pesisir selatan mendapatkan bantuan 76 alat bantu dan juga paket sembako bagi penyandang disabilitas di sini,” kata Il Liyin sebagai pekerja sosial ahli Madya Kementerian Sosial Republik Indonesia (RI), saat penyerahan bantuan kepada Bupati Pessel Rusma Yul didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pessel,

Wendra Rovikto, di Kecamatan Batang Kapas, Pesse, Sabtu (5/11).

Bacaan Lainnya

Il Liyin melanjutkan bahwa pemberian  bantuan tersebut atas usulan dari pemerintah pesisir selatan sehingga dari Kementerian Sosial menyalurkan bantuan alat bantu dan juga sembako bagi para penyandang disabilitas di daerah itu.

“Ini atas usulan dari pemerintah daerah pesisir selatan (Dinas Sosial). Dan untuk beberapa usulan yang lainya nanti akan kita proses juga,” ujarnya.

Ia menyebutkan dalam mengatasi permasalahan itu diperlukan penyelenggaraan pelayanan dan pengembangan kesejahteraan sosial secara terencana, terarah dan berkelanjutan.

Kesejahteraan sosial yang dimaksud, kata Il Liyin, kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

“Agar setiap warga negara memiliki kesempatan yang . Jadi pastisipasi masyarakat juga sangat diharapkan dalam kegiatan penanganan kesejahteraan sosial ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pessel,

Wendra Rovikto, mengatakan bahwa pihak menerima bantuan sebanyak 76 unit kursi roda juga paket sembako bagi para penyandang disabilitas dari Kementerian Sosial.

Dan bantuan tersebut akan disalurkan ke kecamatan yang lainnya yang ada di daerah itu.

“Bantuan kursi roda ini berasal dari Balai Sentra Terpadu Inten Suweno, Bogor, (Kementerian Sosial) sebanyak 76 unit bagi penyandang disabilitas yang akan disalurkan di kecamatan lainnya,” ujarnya.

Wendra melanjutkan bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan, namun dinilai layak, dapat melapor ke Dinas Sosial PPPA Pessel.

“Saya berharap masyarakat juga bisa saling bantu membantu dalam melaporkan warga yang pantas mendapat bantuan tapi tidak masuk sebagai daftar penerima. Termasuk juga dalam bentuk bantuan lainnya seperti terhadap para penyandang disabilitas ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rusma Yul Anwar bersama pekerja sosial ahli Madya Kementerian Sosial Republik Indonesia (RI), Il Liyin, langsung menyerahkan bantuan kursi roda dan juga paket sembako untuk penyandang disabilitas, Gusneli (50) dan Asrol di Kampung Limau Sundai di Kenagarian Apek Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas.

 

Pos terkait