Disperkim Kota Solok Ikuti Rakor Finalisasi Basis Data PKP Tahun 2022

Kota Solok | Topsumbar – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Solok mengikuti Rapat Koordinasi II Finalisasi Basis Data Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Reviu Kinerja Pokja PKP serta Forum PKP Tahun 2022 Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, di Harris Hotel, Batam, Kepulauan Riau, Selasa hingga Kamis (22-24 November 2022).

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Zubaidi, ST, MT mengatakan, khusus untuk Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman hadir dalam Rakor ini secara offline sementara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan diundang secara Daring.

Rapat Koordinasi hari pertama dibuka secara resmi oleh Sekertaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Drs. Adi Prihantara, MM dan dilajutkan dengan pembahasan pokok Konsolidasi Data Supply dan Demand Perumahan yaitu Pemanfaatan Aplikasi SIBARU dan Aplikasi e-profil untuk Pengkinian Data dan Informasi Bidang Perumahan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permungkiman, Kebersihan, Pertamanan Kota Tanjung Pinang.

Bacaan Lainnya

Lalu pada sesi kedua, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batam memaparkan tentang Perkembangan Permohonan Kemudahan Perizinan Pembangunan Rumah (PBG) dan Non PBG dan Bantuan Pembiayaan Perumahan di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Hingga sesi hari pertama berakhir rapat dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari seluruh peserta.

Hari kedua rapat dilanjutkan dengan pembahasan Percepatan Kemandirian Urusan Dan Kelembagaan Forum Kelompok Kerja (Pokja) Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) dalam hal ini narasumber memaparkan tentang penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Percepatan Kemandirian Urusan dan Kelembagaan Pokja PKP.

Dalam hal ini narasumber memaparkan tentang penerapan Standar Pelayanan Minimal Relokasi Rumah Terdampak Bencana melalui Rumah Terdampak Bencana (RUTENA) dan SIBA.
Dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat menyampaikan pemaparan dukungan pemerintah daerah dalam penguatan peran Pokja PKP di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Pada sesi best practice disampaikan oleh Ketua Pokja PKP Kabupaten Bengkalis H. Bustami HY dengan materi progres dan strategi pelaksanaan rencana kerja Pokja PKP Tahun 2022 dan usulan rencana kerja Pokja PKP Tahun 2023.

Rapat Koordinasi diakhiri dengan Penyusunan Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) Provinsi dan Kabupaten Kota dipandu oleh CEO Yayasan HRC Caritra Indonesia, Mahditia Paramita.

Ketua Panitia Pelaksana Rakor Rita Hartati selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Umum Balai Perumahan Sumatra III menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir terutama anggota Pokja PKP atas kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas serta kerja berkualitasnya,

Semoga dengan digelarnya kegiatan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan prestasi kerja dalam rangka konsolidasi dan percepatan pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman serta penguatan kemandirian Pokja PKP. (gra)

Pos terkait