Dinas Peternakan Pessel, Realisasi Vaksin Sapi Dan Kerbau 63,95 Parsen

Dinas Peternakan Pessel, Realisasi Vaksin Sapi Dan Kerbau 63,95 Parsen

Pesisir Selatan | TopSumbar – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas  Pertanian dan Peternakan, mencatat realisasi vaksinasi vaksin penyakit mulut kaki (PMK) di Pesisir Selatan, yaitu 65, 93 %. Tahap 1,2,3 dan 4 di daerah itu.

Dari data yang didapatkan pada untuk vaksin PMK yang diterima Tahap 1 : 400 dosis, Tahap : 1.800 dosis, Tahap III : 6.800 dosis dan Tahap 4 : 1.500 dosis. Jumlah : 9.700 dosis.

Kemudian realisasi 1,2,3 dan 4 : 6.395 dosis atau 65.91 %. Saat rapat koordinasi satuan tugas penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak. Kamis (3/11).

Bacaan Lainnya

Pada rapat pagi itu dihadiri Sekretaris Daerah, Mawardi Roska, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Kabupaten Pesisir Selatan Madrianto dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel Doni Gusrizal, kepala Pukeswan Se – Pessel dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pada Dinas Pertanian dan peternakan daerah setempat.

Dihadapan kepala Pukeswan Se – Pessel dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Sekda Pessel Mawardi Roska mengatakan, masalah PMK pada ternak di Pesisir Selatan menjadi kerja keras bersama, baik Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pada Dinas Pertanian dan Peternakan Pesisir Selatan, Kepala Pukeswan, Camat dan Wali Nagari. Peran masyarakat pemilik ternak juga penting untuk sadar pada ternak nya dilakukan vaksinasi.

Mawardi Roska juga menyampaikan pada petugas PPL bisa melakukan pendataan ternak sapi dan kerbau di wilayahnya ada atau belum ternak masyarakat yang belum dilakukan vaksin PMK.

”Untuk mendukung percepatan pelaksanaan vaksin PMK, Pemkab Pessel melalui Dinas Pertanian Pertanian dan Peternakan akan mengirimkan surat ke wali nagari melalui Camat agar melakukan pendataan ternak sapi dan kerbau, sehingga target PPL 1 hari 100 ekor lebih vaksin PMK pada ternak sapi dan kerbau yakin bisa tercapai. ” kata Mawardi.

Terakhir dalam rapat koordinasi satuan tugas penanganan penyakit mulut dan kuku ( PMK) pada PPL bisa jemput bola ke bawah, sosialisasi kan pada masyarakat pemilik ternak untuk ikut mendukung percepatan pencapaian vaksin PMK di Pesisir Selatan.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, Kabupaten Pessel, Sri Rita menyampaikan,
target vaksinasi sapi dan kerbau di tempat nya jumlah 95.401 ekor, dan sampai saat data terakhir jumlah ternak sapi dan kerbau di Pessel belum dilakukan vaksin PMK kurang lebih 85 ribuan.

”Data dilaporkan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Pertanian dan Peternakan, Pesisir Selatan mati diduga akibat PMK berjumlah 13 ekor. Berada di Kecamatan IV Jurai, Bayang Utara, Sutera dan Lunang,”tutupnya.

Pos terkait