Criterium Road Bike Kota Solok Berlangsung Meriah, Ratusan Peserta Berpartisipasi

Kota Solok | Topsumbar – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Solok yang ke 52, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok bekerjasama dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) beserta Komunitas Sepeda yang ada di Kota Solok menggelar rangkaian kegiatan balap sepeda. Even ini berlangsung selama 2 hari, pada tanggal 26 s.d 27 November 2022 dengan Bank Nagari sebagai sponsor utama.

Untuk hari pertama, Sabtu (26/11), diselenggarakan kegiatan Criterium Road Bike yang terpusat di kawasan pandan Kota Solok, dengan lokasi start dan finis di depan Bank Nagari Cabang Solok.
Criterium Road Bike merupakan salah satu cabang balap sepeda jalan raya (road race) yang memiliki lintasan berputar (loop). Lintasan yang digunakan untuk sirkuit biasanya adalah jalan raya di tengah kota yang ditutup untuk lalu-lintas umum.

Acara ini dibuka oleh Wali Kota Solok yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nova Elfino. Kepada seluruh peserta lomba, dalam sambutannya Nova menyampaikan untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas dalam pertandingan.

Bacaan Lainnya

“Menang kalah dalam suatu pertandingan merupakan hal yang sudah biasa,” tutur Nova Elfino.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok mengungkapkan, even ini merupakan acara balap sepeda yang pertama diselenggarakan setelah Covid-19 mereda di Kota Solok.

“Kami sangat senang sekali melihat antusias dari peserta mengikuti kegiatan ini,” kata Bujang Putra Plt Kadispora.

Pengibaran bendera start yang dilakukan oleh Nova Elfino Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, didampingi Jefrizal Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Forkopimda, Kepala Cabang Bank Nagari Solok, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, beserta Ketua KONI Kota Solok, menandai dimulainya kegiatan rangkaian balap sepeda di Kota Solok.
Ditemui usai perlombaan hari pertama, Sekretaris Panitia Pelaksana, Surya Hidayat mengemukakan Criterium Road Bike ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Propinsi Sumatera Barat, maupun dari luar Provinsi seperti Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Jambi, dan DKI Jakarta.

Dari 9 kelas race yang diperlombakan, pemenang Criterium Road Bike kelas Man Youth dengan jarak lintasan 12 Km diraih oleh Farel Defernando dari tim Padang Road Bike. Untuk kelas Man Junior dengan jarak 32 Km dimenangkan oleh Alghifari Anugrah dari tim Padang Road Bike. Di kelas Woman Open, Putri Mairani dari tim ISSI Solok berhasil menjadi yang tercepat dengan waktu 38 menit, 14,389 detik. Untuk kelas Man Elite, Ade Mahesa dari ti m Bapow CC berhasil mengungguli para pesaingnya.

Untuk kelas master dengan jarak 20 Km , Zico Purmindo dari tim D Blue CC menjadi yang tercepat di kelas master A. Pada kelas master B, Ihsan Suheimi dari tim Gurindam CC maju sebagai yang tercepat. Di kelas master C, tim Gurindam CC kembali memanangkan pertandingan melalui pembalabnya Fian Zainal M. Sedangkan pada kelas master D dimenangkan oleh Erwin Latief dari tim 88 RBC.

Selanjutnya untuk kelas pelajar SLTP yang diikuti 62 pembalap dari berbagai Sekolah Menengah Pertama di Kota Solok, M. Fajar Ramadhan dari SMPN 11 Kota Solok berhasil menjadi yang tercepat setelah menaklukkan lintasan sepanjang 4 Km dengan catatan waktu 7 menit, 38,875 detik. (gra)

Pos terkait