STP Unand Wisuda Tenant IKM Inkubasi Kota Solok

Kota Solok | Topsumbar – Kegiatan inkubator bisnis dan teknologi merupakan suata upaya pemerintah Kota Solok dalam meningkatkan kesejahteraan dan pengembangan daya saing usaha bagi tenant (pengusaha pemula) industri kecil dan menengah (IKM).

Secara umum, inkubator bisnis adalah sebuah program yang dijalankan oleh organisasi atau lembaga tertentu guna memberikan treatment khusus berupa arahan, pelatihan, pengembangan, bimbingan, fasilitas, bahkan modal kepada startup baru, dengan tujuan agar startup tersebut menjadi lebih siap untuk diluncurkan.

Dalam menyukseskan program ini, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM), Pemko Solok menggaet Science Techno Park (STP) Universitas Andalas (LPPM Unand) sebagai mitra pembinaan dalam melakukan inkubasi bisnis dan teknologi terhadap IKM Pemula yang ada di Kota Solok.

Bacaan Lainnya

Pengusaha pemula atau disebut tenant adalah seseorang atau sekelompok orang yang membangun perusahaan rintisan yang baru tumbuh yang menjalani proses inkubasi (pelatihan, produksi, pemasaran dan lainnya). Tenant dalam program ini merupakan perusahaan/ individu yang mendaftar dan berkomitmen untuk mengikuti kegiatan secara penuh.

Kegiatan inkubator bisnis dan teknologi bagi IKM Pemula di Kota Solok telah berlangsung mulai tahun 2020. Tenant terpilih dibekali dengan rangkaian program inkubasi mulai dari mengurus perizinan agar bisa masuk ke gerai market besar, promosi melalui media sosial, branding produk, mengembangkan produk turunan dari produk IKM, penyediaan alat dan bahan yang dibutuhkan, memperbaiki packaging produk agar lebih mudah dikenal dan dilirik oleh pembeli, studi banding, pembinaan manajemen bisnis dan mental berwirausaha yang kompetitif.

Setelah tiga tahun dalam kegiatan inkubasi berjalan, para tenant tersebut telah dinyatakan lulus dengan baik. Prosesi kelulusan ditandai dengan wisuda pelepasan oleh Wali Kota Solok Zul Elfian Umar bersama Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri di Convention Hall Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Senin (10/10).

Tenant IKM angkatan pertama yang telah dinyatakan lulus tersebut adalah Muhammad Rizki (RN Coffee), Ryan Oktamai hendra (Rendang NI YAS), Yusna Elida, (Rendang Bundo), Mimi Lizarti (Uberrr), Ismail Shaleh (Serai Wangi KSU Laing Sepakat).

Dalam sambutannya, Walikota Solok Zul Elfian Umar menyampaikan terima kasih kepada Unand khususnya Tim Inkubator Bisnis Teknologi Science Techno Park atas kerkerjasama serta pembinaan pada IKM di Kota Solok.

“Semoga ke depannya kerjasama ini terus berlanjut, untuk para tenant yang mengikuti kegiatan ini manfaatkanlah ilmu yang telah dipelajari selama kegiatan inkubator dan bagikan kepada teman-teman sesama IKM di Kota Solok agar bisa maju bersama. Mari kepada seluruh masyarakat Kota Solok agar lebih mengutamakan produk sendiri demi kemajuan dan kemakmuran bersama,” tutur Wako.

Usai prosesi wisuda tenant IKM, dilanjutkan dengan kunjungan stand pameran produk IKM yang turut dipamerkan di ruangan Convention Hall. (gra)

Pos terkait