Ratusan Anak PAUD Di Agam Ikuti Lomba Mewarnai Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Agam | TopSumbar – Ratusan Anak PAUD di kabupaten Agam mengikuti lomba mewarnai museum rumah kelahiran Buya Hamka.

Lomba yang digelar di komplek Museum Buya Hamka, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (19/10/2022) diadakan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Agam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan museum dan sosok Buya Hamka kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak,” ujar Jufri selaku panitia pelaksana kegiatan, dilansir Topsumbar.co.id dari AMC.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 450 peserta yang berasal dari siswa PAUD se-Kabupaten Agam bagian Barat, yang dibagi menjadi 3 tahap.

“Tahap pertama digelar pada Selasa (18/10) kemaren, diikuti anak-anak PAUD se-Kecamatan Matur sebanyak 50 orang dan Kecamatan Tanjung Raya sebanyak 100 orang,” jelasnya.

Tahap kedua digelar pada hari ini, Rabu (19/10) diikuti anak-anak PAUD se-Kecamatan Lubuk Basung sebanyak 100 orang. Dan tahap ketiga digelar pada hari Kamis (20/10) besok, diikuti oleh PAUD se Kecamatan Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, dan Palembayan sebanyak 100 peserta.

Dijelaskan, pada lomba mewarnai ini, seluruh peserta lomba diberikan fasilitas menggambar seperti kertas, krayon, makan siang serta sertifikat, dan bingkisan.

“Diakhir lomba nanti, akan dipilih sebanyak 3 peserta terbaik, dimana terbaik 1 akan diberi uang saku sebanyak Rp2,5 juta, terbaik II sebanyak Rp2 juta, dan terbaik III sebanyak Rp1,5 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Kadisdikbud Agam, Isra mengatakan bahwa, pembinaan anak usia dini tidak saja diserahkan kepada pendidik dan guru disekolah, tetapi juga dari orang tua dan masyarakat.

“Pembelajaran dan pendidikan bagi anak usia dini itu penting, yang merupakan usia emas yang akan menjadi pemimpin 20 atau 30 tahun mendatang,” ujarnya.

Ia berharap, melalui pendidikan anak usia dini ini, bisa membentuk karakter anak-anak sejak dini.

(AL)

Pos terkait