Pembukaan MTQ Tingkat Kota Solok ke-40 di GOR Tanjung Paku

Kota Solok | Topsumbar – Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Asisten I Provinsi Sumatera Barat, Devi Kurnia, membuka pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-40 Tingkat Kota Solok Tahun 2022 di GOR Tanjung Paku, Kota Solok, Jumat (21/10).

Pembukaan MTQ dihadiri oleh Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar, Wakil Wali Kota Solok, H. Ramadhani Kirana Putra, Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar diwakili Kabid Penais Zawa Kanwil, H. Yufrizal, Kepala Kemenag Kota Solok, Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota solok LKAAM, Bundo Kanduang, serta 564 Kafilah peserta MTQ utusan dari 13 Kelurahan di Kota Solok.

MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kota Solok akan mempertandingkan 12 Cabang yang diperlombakan dalam gelaran tahunan tersebut, lomba Tilawah, Tartil, Qiraat Mujawab Dewasa, Qiraat Muratal Tahfiz, MSQ, Fahmil Al Quran, Kitab Standar, Khutbah Jumat dan Azan, Tafsir, Khat, dan M2IQ.

Bacaan Lainnya

Perlombaan MTQ akan berlangsung dari tanggal 21 – 24 Oktober 2022 dipusatkan di GOR Tanjung Paku dan di sejumlah masjid dan sekolah di Kecamatan Tanjung Harapan, dengan mengusung tema “Wujudkan Insan Cinta Al-Quran Mantapkan Nilai Islam Menuju Rahmatan Lil ‘Aalamin”.

Asisten I Sekda Provinsi Sumbar, Devi Kurnia dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan MTQ ini untuk menumbuhkan masyarakat cinta Al-Quran serta mensyiarkan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Bagi umat islam Al-Quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai universal. Al-Quran mengajak manusia untuk bekerja sama dalam ketaqwaan.

“MTQ bukan saja merupakan wahana untuk melatih dan berlomba membaca Al-Quran tapi jalan untuk memfasilitasi umat untuk selalu mencintai dan beribadah, serta meningkatkan kesadaran keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ungkap Devi.

Lebih lanjut, Walikota Solok, Zul Elfian Umar menyampaikan, Kota Solok, memiliki slogan Kota Beras Serambi Madinah, salah satu program yang selalu Magrib Mengaji dan Sholat Subuh Berjamaah, Program Magrib Mengaji meminta kepada masyarakat untuk mengisi waktu sehabis Sholat Maghrib sampai Sholat Isya dengan membaca Al-Qur’an. Diharapkan dengan program ini masyarakat mengisi waktunya dengan membaca Al-Qur’an.

“Mari kita jadikan momen MTQ ke-40 ini untuk membangkitkan semangat membumikan Al-Quran, semoga ada dalam setiap diri, pikiran, sikap kita sesuai dengan yang dianjurkan Agama dan Al-Quran sehingga kita selamat dunia dan akhirat,” pesannya.

Sementara itu, Kabid Penais Zawa Kemenag Sumbar, H. Yufrizal, meneruskan pesan dari Kakanwil Kemenag Sumbar, dalam gelaran MTQ Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalimantan Selatan yang baru saja ditutup pada Rabu (19/10) kemarin, Provinsi Sumatera Barat berhasil mengukir prestasi menempati rangking 5 dari 37 Provinsi di Indonesia.

Kegiatan diakhiri dengan pemukulan gendang tanda Musabaqah Tilawatil Quran resmi dibuka Gubernur Sumbar, yang diwakili Assiten I Sekda Provinsi Sumbar. Pemukulan gendang secara serencak oleh, Devi Kurnia dan H. Zul Elfian Umar sedangkan Gong kedua dipukul H. Yufrizal dan H. Ramadhani Kirana Putra.

Adapun seremonial kegiaran diisi dengan nyanyian Mars MTQ, berbagai nyanyian nasyid tampilan dari paduan suara SMPN 2 Kota Solok, serta tarian kembali ke surau dari Sanggar Lubuak Nan Tigo binaan Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Yet Zul Elfian. (gra)

Pos terkait