Kewirausahaan, Solusi Tekan Angka Pengangguran dan Kemiskinan

Kota Solok | Topsumbar – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kewirausahaan Pemula, di Aula Mami Hotel Kota Solok, Selasa (18/10). Turut hadir, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok, Zulferi beserta jajaran serta wirausaha pemula Kota Solok.

Wako Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, sampai saat ini kewirausahaan masih menjadi primadona untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Solok. Pemerintah sangat menyadari tidak akan mampu sendiri untuk mengatasi masalah kesempatan kerja atau ketenagakerjaan yang setiap tahun jumlahnya selalu bertambah. Jika tidak dicarikan solusinya maka akan terjadi pengangguran, yang tentunya sangat disayangkan sekali karena setiap kita memiliki potensi, kecerdasan, dan produktivitas dengan passion yang tinggi.

“Pemerintah Kota Solok melalui Dinas DPKUKM menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis kewirausahaan pemula guna mencegah terjadinya pengangguran dan persoalan ekonomi lainnya di tengah-tengah masyarakat,” sebut Wako Zul Elfian.
Saat ini, pemerintah tengah gencar mempromosikan kewirausahaan, bukan tanpa alasan tetapi karena bidang ini dapat menciptakan atau membuka lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun masyarakat, juga dalam upaya memanfaatkan atau mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya ekonomi yang tersedia.

Bacaan Lainnya

“Motivasi berwirausaha sangat dibutuhkan karena tanpa adanya motivasi maka akan sulit untuk melahirkan wirausahawan yang tangguh, kuat dan pantang menyerah,” tambah Wako.

Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan kewirausahaan. Karena itulah, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini, dalam rangka untuk lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat di daerah kita ini.

Lebih lanjut Wako menyampaikan, masalah pengangguran adalah tanggung jawab bersama baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Dari sisi tanggung jawab pemerintah, telah banyak upaya yang telah dilakukan, salah satunya adalah dengan memberikan bimbingan teknis ini. Pemerintah daerah tentunya juga akan selalu berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan dana APBD untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat di Kota Solok, sehingga kewirausahaan di daerah kita ini dapat terus berkembang.

“Mari terus kita galakkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat, sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan akan terus semakin berkurang,” harap Wako.

Zul Elfian Umar juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti bimbingan teknis ini secara serius dan sungguh-sungguh, dengan mengikuti seluruh tahapan dan prosesnya, sebab kegiatan ini lebih menekankan pada pembentukan keterampilan dan praktek (skill) yang kelak akan menjadi dasar keterampilan dalam berwirausaha. “Kami yakin dan percaya bahwa dengan mengikuti bimtek ini, saudara nantinya akan dapat menjadi wirausahawan yang sukses,” ucap Wako.

“Marilah secara bersama-sama kita bahu membahu, membulatkan tekad dalam rangka mengembangkan kewirausahaan di Kota Beras Serambi Madinah ini, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia yang ada di daerah kita,” pungkas Wako. (gra)

Pos terkait