ADWI 2022, Silokek Juara Harapan I

Sijunjung | TopSumbar – Desa Wisata Silokek memperoleh Juara Harapan I pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diadakan di Jakarta pada Ahad malam (31/10).

Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt hadir langsung dalam pengumuman serta penyerahan hadiah yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut.

Demikian informasi yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung Afrineldi, SH siang ini Selasa (1/11).

Bacaan Lainnya

Desa Wisata Silokek berhasil meraih Juara Harapan I Desa Wisata pada kategori Digital Kreatif.

Tak tanggung-tanggung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang biasa disapa Bang Sandi sampai-sampai harus dua kali ke Nagari Silokek, sehingga praktis beliau adalah satu-satunya menteri yang dua kali ke Nagari Silokek.

Dengan berhasilnya memperoleh penghargaan ini tentu akan membuat Geopark Silokek semakin dikenal luas dan ujungnya akan meningkatkan jumlah kunjungan ke Geopark Silokek.

Pada 4 Desember 2022 mendatang juga akan digelar even “Geopark Run” di Geopark Silokek, sebuah lomba lari marathon sambil menikmati pesona alam.

Selanjutnya mengenai data pemenang ADWI 2022 disampaikan sebagai berikut, Desa Wisata Terfavorit yaitu
Desa Wisata Buluh Duri di Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Untuk pemenang Desa Wisata Terfavorit selain mendapat piala, sertifikat juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp.50.000.000,-

Desa Wisata Kategori Rintisan, Juara 1 Desa Wisata Sembungan di Wonosobo, Jawa Tengah, Juara 2 Desa Wisata Tirta Agung di Bondowoso, Jawa Timur, Juara 3 Desa Wisata Hanjeli di Sukabumi, Jawa Barat, Juara Harapan 1 Desa Wisata Kampong Melayu Bml di Pontianak dan Juara Harapan 2 Desa Wisata Buwun Sejati di Lombok Barat, NTB.

Desa Wisata Kategori Berkembang adalah, Juara 1 Desa Wisata Pariangan di Tanah Datar, Sumatera Barat, Juara 2 Desa Wisata Umauta di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Juara 3 Desa Wisata Widosari di Kulonprogo, DIY, Juara Harapan 1 Desa Wisata Pandean di Trenggalek, Jawa Timur, dan Juara Harapan 2 Desa Wisata Pulau Sapi di Malinau, Kalimantan Utara.

Untuk kategori Desa Wisata Maju antara lain, Juara 1 Desa Wisata Semen di Blitar, Jawa Timur, Juara 2 Desa Wisata Sudaji di Buleleng, Bali, Juara 3 Desa Wisata Ulisan di Bangli, Bali, Juara Harapan 1 Desa Wisata Kampung Ugar di Fak-Fak, Papua Barat, dan Juara Harapan 2 Desa Wisata Pulau Pahawang di Pesaweran, Lampung.

Pada kategori Kelembagaan Desa, Juara 1 adalah Desa Wisata Dayun di Siak, Riau, Juara 2 Desa Wisata Matano Iniaku di Sulawesi Selatan, Juara 3 Desa Wisata Pela di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Juara Harapan 1 Desa Wisata GTP Ulakan di Padang Pariaman, serta Juara Harapan 2 Desa Wisata Tebat Lereh Meringan di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan.

Untuk kategori Daya Tarik Pengunjung, Juara 1 Desa Wisata Keris di Sumenep, Jawa Timur, Juara 2 Desa Wisata Sei Sekonyen di Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, Juara 3 Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari di Sulawesi Tenggara, Juara Harapan 1 Saba Budaya Baduy di Lebak Banten, serta Juara Harapan 2 Desa Wisata Lapasi di Halmahera Barat.

Selanjutnya 5 Desa Wisata kategori CHSE adalah, Juara 1 Desa Wisata Barania di Sinjai, Sulawesi Selatan, Juara 2 Desa Wisata Gampong Ulee Luee di Banda Aceh, Aceh, Juara 3 Desa Wisata Kambo di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Juara Harapan 1 Desa Wisata Campaga di Bantaeng, Sulawesi Selatan dan Juara Harapan 2 Desa Wisata Kampung Warna Warni Simalungun di Sumatera Utara.

Kategori Suvenir ADWI 2022 adalah Juara 1 Desa Wisata Tanah Loang Balog di Mataram, Juara 2 Desa Wisata Tepus di Gunungkidul, DIY, Juara 3 Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip di Batam, Riau, Juara Harapan 1 Desa Wisata Kubah Basirih di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan Juara Harapan 2 Desa Wisata Tondok Bakaru di Mamasa, Sulawesi Barat.

Nah, Hasil Kategori Digital Kreatif ADWI 2022 selengkapnya yaitu, Juara 1 Desa Wisata Budo di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Juara 2 Desa Wisata Buluh Duri di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Juara 3 Desa Wisata Perlang di Bangka Tengah, Bangka Belitung, Juara Harapan 1 Desa Wisata Silokek di Sijunjung, Sumatera Barat, dan Juara Harapan 2 Desa Wisata Bugisan di Klaten, Jawa Tengah.

Untuk Kategori Homestay, Juara 1 Desa Wisata Negeri Hila di Maluku Tengah, Maluku, Juara 2 Desa Wisata Malangga di Tolitoli, Sulawesi Tengah, Juara 3 Desa Wisata Lonuo Bukit Arang di Bone Bolango, Gorontalo, Juara Harapan 1 Desa Wisata Pentagen di Kerinci, Jambi, Juara Harapan 2 Desa Wisata Hilisimetano di Nias Selatan, Sumut.

Untuk terbaik ADWI Kategori Toilet Umum pemenangnya yaitu Juara 1 Kampung Pecinan Glodok di DKI Jakarta, Juara 2 Limbo Wolio di Baubau, Sulawesi Tenggara, Juara 3 Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat, Juara Harapan 1 Desa Wisata Belitar Seberang di Rejang Lebong, Bengkulu, Juara Harapan 2 Kampung Tobati di Jayapura, Papua.

Para pemenang masing-nasing kategori selain mendapat piala, sertifikat, juga mendapat uang pembinaan sebesar
Rp. 30.000.000,- untuk juara 1, Rp. 25.000.000,- untuk juara 2, Rp. 20.000.000,- untuk juara 3, Rp. 15.000.000,- bagi juara harapan I dan juara harapan II memperoleh Rp.10.000.000,- (Gun/rilis)

Pos terkait