Pemko Solok Peringati Hari Olahraga Nasional Ke-39

Kota Solok | Topsumbar – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Ke-39 Tahun 2022 yang mengambil tema “Bersama Cetak Juara” Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar sepeda santai dan jalan sehat yang mengambil start di halaman Balai Kota Solok, Jumat (9/9) pagi.

Acara ini yang dihadiri oleh Wali Kota, Zul Elfian Umar, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, KONI Kota Solok, ASN, atlet, pelajar, serta komunitas olahraga berkumpul di halaman Balaikota Solok. Acara dimulai dengan mendengarkan arahan dari Walikota Solok dan dilanjutkan dengan sepeda santai dan jalan sehat diakhiri dengan pembagian doorprize.

HAORNAS yang diperingati setiap tanggal 9 September, berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional. Tahun ini mengusung tema ‘Bersama Cetak Juara’, tema tersebut untuk mewakili semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Pada tahun ini peringatan Haornas edisi ke-39 secara nasional akan diselenggarakan di Stadion Batakan, Kalimantan Timur.

Bacaan Lainnya

“Ada beberapa hal yang berguna untuk kebahagiaan dan kesejahteraan kita yaitu upayakan iman semakin kuat, badan semakin sehat, ilmu semakin bertambah, rezeki berkah dan mati dalam keadaan husnul khatimah,” pesan Wako Zul Elfian dalam arahannya.

Pengibaran bendera start yang dilakukan oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menandai dimulainya kegiatan jalan santai dan sepeda santai didampingi Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, dan Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Bujang Putra.

Para peserta jalan sehat mengikuti rute start dari Balai Kota – By Pass KTK – IX Korong dan kembali finish di Balai Kota. Sementara itu, menempuh jarak berbeda, peserta sepeda santai start dari Balai Kota – Simpang Kemenag – Gawan – SMP 6 – Parak Anau – Pincuran Tujuh – Jalan Lingkar Utara – Kalumpang – Gurun Bagan – Simpang Sigege – VI Suku – finish di Balai Kota Solok. Pembagian doorprize usai pelaksanaan sepeda santai dan jalan sehat menambah kemeriahan HAORNAS ke-39 kali ini.

Sementara itu, Plt Kadispora Kota Solok, Bujang Putra berharap berbagai kegiatan olahraga menjadi budaya masyarakat, sehingga sehat menjadi prioritas.

“Untuk peringatan Haornas 2022 ini sangat berbeda dari edisi dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan secara virtual lantaran pandemi Covid-19 masih mewabah,” kata Bujang Putra. (gra)

Pos terkait