Haornas ke-39, Pemko Solok Gelar Jalan Sehat dan Sepeda Santai

Kota Solok | Topsumbar – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menyelenggarakan kegiatan jalan sehat dan sepeda santai dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 Tahun 2022, Jumat (9/9/2022).

Perayaan Haornas 2022 ini sangat berbeda dari edisi dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan secara virtual lantaran pandemi Covid-19.

Ratusan peserta jalan sehat dan sepeda santai dengan penuh semangat yang terdiri dari para ASN, atlet, pelajar, serta komunitas olahraga berkumpul di halaman Balaikota Solok mulai pukul 07.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Pengibaran bendera start yang dilakukan oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menandai dimulainya kegiatan jalan santai dan sepeda santai. Tampak hadir, Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, Kepala OPD, Ketua KONI Kota Solok.

“Ada beberapa hal yang berguna untuk kebahagiaan dan kesejahteraan kita yaitu upayakan iman semakin kuat, badan semakin sehat, ilmu semakin bertambah, rezeki berkah dan mati dalam keadaan husnul khatimah,” pesan Wako dalam arahannya.

Para peserta jalan sehat mengikuti rute start dari Balai Kota – By Pass KTK – IX Korong dan kembali finish di Balai Kota. Sementara itu, menempuh jarak berbeda, peserta sepeda santai start dari Balai Kota – Simpang Kemenag – Gawan – SMP 6 – Parak Anau – Pincuran Tujuh – Jalan Lingkar Utara – Kalumpang – Gurun Bagan – Simpang Sigege – VI Suku – finish di Balai Kota Solok.

Setelah seluruh peserta kembali ke halaman Balai Kota, selanjutnya para peserta telah disambut dengan puluhan doorprize yang telah disediakan oleh panitia Haornas ke-39 Kota Solok, dengan hadiah utama tiga unit sepeda, dan satu unit Kulkas. Pengundian dimulai dari hadiah terkecil hingga hadiah terbesar.

Peringatan Hari Olahraga Nasional bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya berolahraga dalam meningkatkan imunitas tubuh, selain itu juga sebagai upaya membudayakan olahraga di masyarakat. Adapun tema dari Haornas ke-39 tahun 2022 adalah Bersama Cetak Juara.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan peringatan Haornas ke-39 pada tanggal 9 September menjadi momentum untuk kelanjutan semangat mendorong cita-cita besar prestasi bangsa dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Pelaksanaannya sendiri termasuk road to Haornas akan dilaksanakan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Malam puncaknya berpusat di Stadion Batakan Balikpapan. Menpora Amali menghimbau kepada daerah-daerah untuk turut memeriahkan Haornas sebagai bentuk penghargaan kepada hari bersejarah olahraga nasional saat Indonesia baru Merdeka beberapa tahun.

“Tanggal 9 September adalah PON pertama kita di tahun 1948. Baru beberapa tahun Merdeka tapi kita sudah mampu menggelar satu kegiatan yang diakui oleh dunia internasional sebagai pernyataan bahwa kita adalah negara yang sudah merdeka,” tegas Menpora Amali. (gra)

Pos terkait