Damkar Berikan Edukasi Terhadap Potensi Bahaya Kebakaran

Kota Solok | Topsumbar – Guna mengantisipasi dan menyiapkan masyarakat yang tanggap terhadap bahaya kebakaran, Dinas Damkar mendatangi Kelurahan Koto Panjang, Senin (05/09/2022).

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Solok melaksanakan sosialisasi serta edukasi pencegahan kebakaran dengan menghadirkan Kepala Bidang, Mardiwanto beserta Kasubag Umum, Wiwi dengan didampingi beberapa anggotanya.

Acara ini merupakam sosialisasi yang diadakan pada Kelurahan Koto Panjang pada tahun ini oleh Damkar kota Solok, dalam acara sosialisasi ini yang hadir adalah Lurah Koto Panjang Jimmi Muhara dan jajaran serta RT/ RW se-Kelurahan Koto Panjang, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat Kelurahan Koto Panjang.

Bacaan Lainnya

Tujuan dari kegiatan ini yaitu pada akhirnya diharapkan peserta mengetahui jenis jenis alat pemadam ringan, dapat memilih alat pemadam api sesuai yang terbakar dan bisa mengoperasikan alat pemadam api secara sempurna.

Klasifikasi kebakaran yaitu Kebakaran yang berasal dari bahan biasa padat yang mudah terbakar (Kertas, Kayu), Bahan cair dan gas yang mudah menyala (BBM), dari peralatan listrik (Korsleting) dan dari bahan logam (Potassium dll).

Jenis jenis media pemadaman antara lain yaitu Pasir, tanah dan lumpur, Karung goni atau kain basah, selimut api (Fire blanket) juga bisa dimanfaatkan jika tersedia dan terakhir tepung kimia kering atau biasa disebut Dry Chemical Powder.
Selanjunya setelah pemberian materi oleh Kasi Damkar Ade Chandra Yuda, SH, MH dilanjutkan dengan simulasi serta tata cara penanggulangan kebakaran serta cara memakai APAR (Alat pemadam api ringan).

Lurah Koto Panjang menyampaikan, “Melalui sosialisasi ini masyarakat dapat melakukan antisipasi jika sewaktu waktu menghadapi potensi bahaya kebakaran di wilayah Kelurahan Koto Panjang. Semoga masyarakt dapat berhati-hati dengan potensi kebakaran dikarenakan wilayah Koto Panjang tergolong padat pendudukserta sangat dekat dengan Pasar Raya, ” sampai Lurah Koto Panjang. (gra)

Pos terkait