Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Lintas Riau · 6 Agu 2022 18:04 WIB ·

Bupati Kuansing Melaksanakan Panen Raya di Agro Wisata Jalur Patah Kecamatan Sentajo Raya


 Bupati Kuansing Melaksanakan Panen Raya di Agro Wisata Jalur Patah Kecamatan Sentajo Raya Perbesar

Sentajo Raya | Topsumbar – Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM melaksanakan “Panen Raya” di Agro Wisata Desa Jalur Patah Kenegerian Teratak Air Hitam Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana Plt Bupati H Suhardiman Amby tampak didampingi Camat Sentajo Raya Jhon Hendri SAg MSi, Danramil 02/ Kuantan Tengah Lettu Arm Herdianto, Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan SH, Kepala Desa Jalur Patah Fahrizal, para BPD, pemangku adat beserta pemangku kepentingan lainnya, Sabtu (06/08/2022) pagi.

Plt Bupati Suhardiman Amby menyampaikan, bahwa hal ini adalah suatu langkah awal Kabupaten Kuansing harus mampu Mandiri Pangan, dimana kedepannya Kuansing diharapkan mampu mencukupi kebutuhan masyarakatnya sendiri.

“Ini adalah suatu langkah awal yang sudah dilakukan oleh Pak Camat Jhon Hendri bersama Pak Kades Jalur Patah Fahrizal, dimana dari awal kita sudah mencanangkan bahwa dari 15 kecamatan yang ada diharapkan setiap kecamatan memiliki varietas tanaman unggulan yang menjadi komoditas unggulan nantinya, sehingga semua kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi oleh komoditas yang ditanam itu nantinya, seperti halnya di Benai dengan komoditas Padi, disini misalnya kacang panjang atau yang lainnya lah,” ungkap Suhardiman Amby yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam itu.

Suhardiman Amby minta agar Agro Wisata Desa Jalur Patah ini terus dikembangkan lagi, namun harus lebih menonjolkan lagi komoditas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat lokal, demi mencukupi kebutuhan masyarakat itu sendiri.

“Untuk itu saya sudah minta kepada Pak Camat agar segera disusun berapa jumlah luas lahannya, sehingga kita tau berapa kekuatan yang bisa menghasilkan nantinya,” tambah Suhardiman Amby.

Sebelumnya, Kepala Desa (Kades) Jalur Patah Fahrizal menyampaikan, bahwa dari luasan lahan yang tersedia cukup luas ini, yang telah digarap kurang lebih seluas 1,5 hektare (ha). Dimana dari 1,5 hektare ini yang sudah ditanami, yakni dengan komoditas melon, labu, jagung, dan kacang panjang.

“Ini sudah menjadi komitmen bagi kami untuk mendukung program ketahanan pangan nasional termasuk dukungan terhadap pemerintah daerah dalam pencanangan Kuantan Singingi Mandiri Pangan, dengan membuka lahan yang tidak produktif untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan mampu menghasilkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Sentajo Raya Jhon Hendri SAg MSi menjelaskan bahwa pihaknya hanya ingin mendorong petani untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif dan masyarakat yang mau bertani bisa hidup lebih layak, apa lagi saat ini masih dalam status dilanda wabah virus corona.

Dikatakan, Jhon Hendri menjelaskan, pelaksanaan program ketahanan pangan Desa Jalur Patah tersebut melibatkan, kelompok tani setempat, masyarakat desa setempat dan penyuluh dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuansing.

“Kegiatan ini kita laksanakan dengan tujuan untuk merangsang dan memotivasi bagi masyarakat agar bersedia dan mau bertani dengan memanfaatkan lahan yang tidak lagi produktif agar dikelola kembali dan dimanfaatkan kembali sehingga bisa menghasilkan dengan hasil yang maksimal nantinya, tentunya dengan lahan yang sudah dipersiapkan oleh Pemerintahan Desa Jalur Patah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nantinya,” terang Jhon Hendri

Terakhir Jhon Hendri, berharap kepada pihak Pemerintahan Desa (Pemdes) Jalur Patah agar terus mengembangkan kegiatan ini, sebagaimana arahan Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby.

“Kita sangat berharap program seperti ini terus bisa berkesinambungan dan tidak berhenti, sehingga bermanfaat untuk kehidupan kelompok tani, untuk masyarakat yang ada di wilayah Desa Jalur Patah khususnya, dan Kecamatan Sentajo Raya umumnya, serta Kabupaten Kuantan Singingi untuk lebih baiknya lagi sehingga apa yang dicita citakan sejalan dengan instruksi dari Pak Bupati H Suhardiman Amby tentunya,” jelas Camat Sentajo Rayo Jhon Hendri.

(Yos)

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

 

Hits: 15

Artikel ini telah dibaca 74 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

DPRD Inhil Melalui Komisi IV Minta RSUD Puri Husada Tembilahan Perbaiki Mutu Pelayanan

27 September 2022 - 21:34 WIB

Lepas Jama’ah Umrah, Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti Titip Do’a

27 September 2022 - 14:44 WIB

Pencurian dan Penggelapan Terjadi di Beberapa Titik di Kota Riau

27 September 2022 - 14:22 WIB

Polres Inhil Tangkap Dua Jambret yang Meresahkan di Tembilahan

26 September 2022 - 14:33 WIB

Bupati Kuansing Suhardiman Resmi Lantik 43 Penjabat Kades

25 September 2022 - 10:52 WIB

Bupati Inhil HM Wardan Buka Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Desa Bekawan

23 September 2022 - 20:21 WIB

Trending di Lintas Riau