Bupati Menarik Perhatian Masyarakat saat Jadi Timboruang di Festival Pacu Jalur Kuansing

Bupati Menarik Perhatian Masyarakat saat Jadi Timboruang di Festival Pacu Jalur Kuansing
Bupati Menarik Perhatian Masyarakat saat Jadi Timboruang di Festival Pacu Jalur Kuansing

TOPSUMBAR –¬†Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby kembali menyedot mata seluruh masyarakat disepanjang Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kamis, 24 Agustus, H. Suhardiman Amby jadi Timboruang Jalur Titian Akar Lubuak Balanti.

Festival Pacu Jalur yang akan digelar selama Lima Hari ini dari 23-27 Agustus 2023, sudah berlangsung dua hari, terhitung Rabu, 23 Agustus  sebelumnya Event ini telah dibuka langsung oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Sf Hariyanto.

Bupati Kuansing mampu menyedot mata masyarakat dan wisatawan yang berkumpul disepanjang gelanggang Tepian Narosa menyaksikan Festival Pacu Jalur dihari ke Dua.

Bacaan Lainnya

Terlihat orang nomer satu di Kota Jalur itu menjadi Timboruang di Jalur Titian Akar Lubuak Balanti dari Desa Kinali, Kecamatan Kuantan Mudik jalan sebelah kiri, berhadapan dengan Jalur Datuak Panglimo Itam dari Desa Koto Cerenti Kecamatan Cerenti jalan sebelah kanan, bahkan memimpin terdepan jalur yang dikomandoi oleh H. Suhardiman yang akrab disapa dengan Datuk Panglimo Dalam itu.

Dikutip dari Kuansing.go.id, ada beberapa syarat sebuah jalur yang menjadi identitas Budaya Kuansing, yaitu Anak Tari tentunya barisan terdepan, ditengah antara anak pacuan yaitu Timboruang, dan di belakang dinamai dengan Tukang Onjai, dan tentunya di isi sekitar 55-60 Orang anak pacuan. Hal tersebut yang menjadikan identitas sebuah Budaya Pacu Jalur Kuantan Singingi

Dari pantauan media, terlihat Bupati Kuansing Suhardiman Amby begitu memberikan semangat kepada seluruh anak pacuan Titian Akar Lubuak Balanti.

Sementara H. Suhardiman Amby diberikan tepukan riuh oleh masyarakat yang berada di sepanjang Tepian Narosa Teluk Kuantan.

“Saya benar-benar takjub melihat antusias Bupati menjadi timboruang, tentunya memberikan warna yang berbeda di Festival Pacu Jalur 2023 ini” ungkap Darwis salah satu masyarakat yang berada di tribun penonton

Hal yang sama disampaikan oleh wisatawan dari Provinsi Sumatra Barat Fauzy 45 Tahun, “saya baru perdana melihat Event Pacu Jalur Kebudayaan ini, bahkan Kepala Daerah Kuansing langsung ikut berpartisipasi terlibat dalam menghilirkan salah satu jalur masyarakat, yang membuat saya takjub seluruh anak pacuan selepas bertanding, bersalaman meskipun ada jalur yang menang atau kalah, artinya Budaya Pacu Jalur mampu menjalin silaturahmi antar sesama, wajar Pacu Jalur di Kuantan Singingi mendunia” tuturnya.

Event Nasional Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 di ikuti sebanyak 193 jalur, 63 Jalur dari Kabupaten Kuantan Singingi dan 30 jalur berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu.

Pos terkait