Kemenko Marves Dukung Geopark Silokek Menuju UGGp

Sijunjung | Topsumbar – Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi mendukung penuh Geopark Silokek menuju UNESCO Global Geopark (UGGp).

Hal itu terungkap dalam audiensi yang dilakukan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si dengan Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kemenko Marves Kosmas Harefa di Jakarta, Kamis (7/7).

Kosmas Harefa yang juga merupakan Sekretariat Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) menyambut baik kehadiran Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si bersama teamwork di Kemenko Marves.

Bacaan Lainnya

Dalam audiensi ini Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si menyampaikan perihal perkembangan Geopark Silokek sampai saat ini.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung mendukung penuh Geopark Silokek menuju UGGp, demikian disampaikan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si.

Gubernur Sumatera Barat pun telah memberikan rekomendasi dalam rangka Geopark Silokek menuju UGGp, lebih lanjut Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si menyampaikan.

Sebagaimana diketahui pada 22 April 2021 Menparekraf Sandiaga Uno telah berkunjung ke Geopark Silokek dan juga telah menetapkan Desa Wisata Silokek sebagai penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Kemudian Menparekraf Sandiaga Uno juga melakukan Visitasi Desa Wisata pada 6 Juli 2022 ke Desa Wisata Silokek sebagai bagian dari Geopark Silokek.

Bank Central Asia (BCA) pun telah melakukan pendampingan terhadap Geopark Silokek dalam rangka dukungan menuju UGGp, bahkan BCA membina dan mendampingi secara khusus dalam program Desa Mitra Bakti BCA.

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi pada 2 Juli 2022 juga telah mendukung Geopark Silokek menuju UGGp dan menyarankan agar membuat School Stay Geopark Silokek tingkat SLTA se-Sumbar serta mengoptimalkan promosi dan pemberitaan.

Ulama sekaliber UAS saat berkunjung ke Kabupaten Sijunjung pun telah mencoba atraksi arung jeram di Geopark Silokek pada 1 Juli 2022 dan menyatakan kekagumannya.

Sebelumnya melalui rapat yang dipimpin Wagub Audy Joinaldy, Pemprov Sumbar telah memutuskan Geopark Silokek sebagai utusan Sumbar menuju UGGp untuk diteruskan melalui KNGI.

Dalam audiensi dengan Kemenko Marves ini, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si didampingi oleh Sekdakab selaku Ketua BP Geopark Silokek, Kadis Parpora selaku sekretaris, BAPPPEDA selaku Ketua Bidang Perencanaan dan Pengembangan, Ridwan selaku Kepala Sekretariat, dan Febrin Anas Ismail sebagai Tenaga Ahli BP Geopark Silokek.

(Gun)

Pos terkait