Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 18 Jun 2022 13:43 WIB ·

Mendagri Buka Rakernas APKASI XIV di Bogor, Sutan Riska : 34 Kegiatan Besar Telah Kita Laksanakan


 Mendagri Buka Rakernas APKASI XIV di Bogor, Sutan Riska : 34 Kegiatan Besar Telah Kita Laksanakan Perbesar

Bogor – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membuka secara resmi rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) XIV di Hotel Pullman Vimala, Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/6).

Rakernas APKASI ini dihadiri beberapa Menteri kabinet kerja Indonesia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati seluruh Indonesia serta Sekda dan beberapa OPD.

Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam sambutannya mengatakan tema Rakernas APKASI kali ini, kita mengkalaborasikan antara pemerintah daerah dengan pusat untuk menyongsong KTT G20 dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang kuat dan berkelanjutan.

“Dengan semangat Kolaborasi kita sukseskan KTT G20 dan kita percepat pemulihan ekonomi nasional yang hampir dua tahun ini morat marit akibat pandemi, ” jelasnya.

Kata Bupati Dharmasraya ini, satu tahun kepengurusan APKASI periode 2021-2026, pihaknya telah melaksanakan 34 kegiatan besar baik itu kegiatan bersifat advokasi, penguatan kapasitas daerah, peningkatan ekonomi lokal dan kegiatan yang bersifat sosial telah dilaksanakan.

“Hubungan yang baik kita dengan Kementrian Dalam Negeri terutama dengan Pak Menteri, beberapa kegiatan dan kebijakan yang ada didaerah mampu kita bawa ke pusat untuk disampaikan ke Pak Presiden bahkan pak Menteri memberikan perhatian khusus kepada APKASI, ” tegasnya.

Sutan Riska juga menjelaskan, saat dirinya dan korwil turun ke daerah daerah seluruh Indonesia, ada beberapa persoalan yang dibawa untuk nanti dibahas di rakernas seperti Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja terkait dengan Penghapusan Pegawai Honor.

“Kami mohon nanti masukan kepada bapak Men-PAN dan bapak Presiden untuk ditunda supaya nanti ini tidak menjadi masalah di kabupaten seluruh Indonesia,”ungkapnya.

Selain itu, kata Sutan Riska, yang menjadi isu dalam beberapa tahun yang belum terealisasi adalah bentuk komitmen dari Kepala Daerah dengan para Mentri.

“Kami juga telah mengundang beberapa mentri namun tidak bisa hadir. Kami berharap pertemuan APKASI ini adalah pertemuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah dengan pemerintah pusat, ” jelasnya.

APKASI, kata Sutan Riska, akan selalu ada untuk memberikan solusi dan saran, supaya aturan-aturan tidak bertabrakan dan menjadi permasalahan yang berkelanjutan.

“Kami mohon kepada bapak mentri untuk memberitahukan kepada teman sejawat (di kementerian) agar bisa berkolaborasi dengan Apkasi, ” tandasnya.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Ketum APKASI yang juga Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan para pengurus APKASI yang telah menginisiasi rakernas XIV ini.

“Bahas saja beberapa konsep dan tawaran yang ingin disampaikan ke pak Presiden, nanti bersama kita sampaikan. Konsep harus jelas dan terarah, ” jelasnya.

Kata Mantan Kapolri ini sekaligus menyampaikan kepada para bupati seluruh Indonesia, bahwa ada 3 hal yang penting bagi strong leader (Pemimpin yang Tangguh) yakni Memiliki power (kekuasaan) tanpa kekuasaan tidak akan bisa menjadi kuat, kemudian Memiliki follower dan Memiliki konsep.

“Selamat ber rakernas, kami tunggu ide dan saran serta solusi dalam membangun Indonesia kedepan untuk lebih maju lagi, ” tandasnya.

Dari pantauan di lapangan, setelah pembukaan, rakernas dilanjutkan dengan diskusi dengan beberapa kementrian. Kemudian dilanjutkan dengan rapat bersama dengan membawa isu isu daerah untuk dilanjutkan dan diperjuangkan didaerah.

(Yanti)

Hits: 37

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Hadiri Acara Pembukaan Masa Penerimaan Anggota Baru PMII Ke-II Universitas Dharmas Indonesia

25 September 2022 - 21:51 WIB

Hendak Mengisi BBM di SPBU Seorang Wanita Berbonceng Dua Anak Kecil Tertabrak Kenderaan Truck Box Di Sungai Rumbai

25 September 2022 - 17:41 WIB

Nekad Ambil Jalur Lawan Dump Truck Tronton Hino Tabrak Pesepeda Motor Di Gunung Medan

25 September 2022 - 17:34 WIB

Dua Nama Maju di Pilwana Sungai Kambut, Asrial Amri Siap Menangkan Suara Terbanyak

24 September 2022 - 09:46 WIB

Wujud Kepedulian Polri, Polres Dharmasraya Giat Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat Ekonomi Rendah

23 September 2022 - 15:48 WIB

HUT Lantas ke-67, Kapolri Resmikan Program Prioritas ETLE Nasional di 34 Polda

22 September 2022 - 17:47 WIB

Trending di Nasional