Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Payakumbuh · 13 Jun 2022 23:11 WIB ·

Gelar Pembinaan dan Evaluasi, Pemko Payakumbuh Siapkan Kelurahan Nunang Daya Bangun Raih Juara di Tingkat Provinsi Sumbar


 Gelar Pembinaan dan Evaluasi, Pemko Payakumbuh Siapkan Kelurahan Nunang Daya Bangun Raih Juara di Tingkat Provinsi Sumbar Perbesar

Payakumbuh— Pembinaan dan pengawasan oleh pemerintah pusat maupun daerah merupakan salah satu bentuk dalam melaksanakan evaluasi atas apa yang telah berlangsung ditengah masyarakat, sebagaimana hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, melalui penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan.

Dengan merujuk Permendagri tersebut, maka dilaksanakan lomba kelurahan berprestasi di tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2022. Dan dalam hal ini Kota Payakumbuh turut ambil andil dengan mengutus Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Kegiatan pertemuan bersama perwakilan dari masyarakat kelurahan Nunang Daya Bangun yang bertempat di Aula TPA Nunang Daya Bangun dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda didampingi Staf Ahli Wali Kota Elfriza Zaharman, Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, Kabag Pemerintahan Aplimadanar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, Kabid Kehumasan Rudi Arnel,Lurah Nunang Daya Bangun Ari Ashadi, Serta perwakilan dari OPD terkait.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan sebelum menghadapi penilaian oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada 21 Juni 2022 mendatang, Kelurahan Nunang Daya Bangun akan diberikan pembinaan dalam menghadapi penilaian nanti.

Dalam mempersiapkan Kelurahan Nunang Daya Bangun di perlombaan tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang terpenting adalah bagaimana kerjasama dari OPD Terkait dan masing-masing bidang melakukan pembinaannya. Diharapkan untuk semua elemen masyarakat ikut untuk menjadikan kelurahannya menjadi berprestasi ditingkat Sumatera Barat.

“Untuk itu diharapkan Lurah, jajaran pemerintah serta masyarakat kelurahan setempat betul-betul serius menghadapi penilaian kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat,” Ujar Rida, Senin(13/6)

Ditambahkan Rida, Perlunya komitmen penuh OPD serta Stakeholder terkait untuk membina kelurahan Nunang Daya Bangun dalam perlombaan tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022.

“Semoga melalui rapat ini kita semua saling mendukung, Mulai dari OPD terkait serta masyarakat Kelurahan Nunang Daya Bangun harus ikut andil dan bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan ini sehingga perlombaan Kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita semua,”pungkasnya

Adapun indikator penilaian Lomba Kelurahan berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2022 ini didasarkan pada indikator penilaian yang terdapat dalam Lampiran Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yang meliputi pada tujuh aspek bidang penilaian, yakni meliputi :

1.Bidang pemerintahan
2.Bidang kewilayahan
3.Bidang pendidikan
4.Bidang kesehatan
5.Bidang ekonomi
6.Bidang PKK
7.Bidang kelembagaan dan partisipasi masyarakat.

Sementara itu Lurah Nunang Daya Bangun Ari Ashadi mengatakan Kelurahan Nunang Daya Bangun sudah melaksanakan persiapan untuk menghadapi penilaian yang akan dilakukan oleh Provinsi Sumatera Barat nantinya.

“Dan seluruh elemen yang ada di seluruh kelurahan saat ini ikut ambil andil dan turut berpartisipasi dalam menghadapi lomba ini untuk membawa kelurahan Nunang Daya Bangun menjadi pemenang di tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan dalam kegiatan pembinaan kali ini turut hadir tokoh masyarakat Indra Heldi dari bukittinggi, yang dahulunya adalah lurah berprestasi tingkat nasional dan beliau merasa terpanggil untuk membantu dan memberikan pengarahan agar kelurahan Nunang Daya Bangun sukses dalam penilaian Kelurahan terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022,” ungkap Ari.

Ditambahkan Ari, mulai besok (14/6) pihaknya bersama perangkat kelurahan serta masyarakat akan melakukan penguatan pembinaan di berbagai bidang selama 3 hari kedepan dan setelah itu juga akan mempersiapkan prosesi penyambutan untuk tim penilai tingkat Provinsi Sumatera Barat.

” Kami akan melakukan persiapan secara matang untuk beberapa hari kedepan, mulai dari persiapan administrasi, non administrasi dan teknis maupun non teknis. Semua persiapan akan kami selesaikan H-3 sebelum adanya penilaian sehingga disaat penilaian nanti tidak ada kekurangan dari segi apapun. Semoga nantinya Kelurahan Nunang Daya Bangun sukses dalam penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat,” Pungkas Ari.

(Ton)

Hits: 3

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Efek Kenaikan BBM, Pemko Payakumbuh Helat Rapat Evalusi TPID

28 September 2022 - 22:02 WIB

Innalilllahi, Mantan Wawako Payakumbuh Suwandel Muchtar, Dipanggil Sang Khaliq

28 September 2022 - 16:50 WIB

Wakili Sumatra Barat, SSB Kota Biru Dilepas Pj. Walikota Payakumbuh Berangkat ke Malang

28 September 2022 - 05:43 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja, Pj. Wako Rida Ananda Minta ASN Bekerja Berorintasi Hasil

26 September 2022 - 19:58 WIB

Apel Pagi, Dafrul Pasi Ditunjuk Sebagai Plt. Sekda, Ini Pesan Wako Rida Ananda

26 September 2022 - 19:55 WIB

Gubernur Lantik Rida Ananda Sebagai Pj. Walikota Payakumbuh

23 September 2022 - 19:18 WIB

Trending di Payakumbuh