Tingkatkan Literasi Pelajar, Wako Zul Efian Dorong Siswa dan Guru Tuangkan Ide Kreatif dalam Bentuk Tulisan

Kota Solok | Topsumbar – Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar menerima kunjungan silahturahmi pemimpin redaksi (Pemred) Media Harian Umum Rakyat Sumbar di sela-sela kegiatannya, di ruang kerjanya. Dalam kunjugan tersebut, Wali Kota Solok didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Heppy Dharmawan, Sekretaris Dinas Pendidikan Amri Yulis dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Alwa Dudi.

Pada pertemuan ini, Media Harian Umum Rakyat Sumbar berkesempatan mengajak kolaborasi Pemko Solok dalam menggiatkan literasi di kalangan pelajar dan guru yang berada di Kota Solok.
Pemred Harian Umum Rakyat Sumbar Firdaus Abie menjelaskan pada saat ini pemerintah menargetkan perubahan budaya literasi di sekolah. Hal ini bertujuan sebagai salah satu bentuk penguatan dari pendidikan karakter.

“Pendidikan karakter bertujuan untuk menciptakan siswa untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi,” ucapnya kepada Wako Zul Elfian, Kamis (24/2/2022).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Firdaus Abie mengatakan, literasi pada saat ini menjadi salah satu kunci utama bagi siswa dalam memenangkan persaingan global ke depan dengan anak-anak dari berbagai belahan dunia lain.

“Oleh karena itu, melalui Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar, kita mengajak Pemko Solok untuk menggiatkan literasi bagi kalangan guru dan pelajar yang ada di Kota Solok ini,” ucapnya.

Firdaus Abie menambahkan, Harian Umum Rakyat Sumbar mempunyai halaman yang dikhususkan bagi guru dan pelajar yang diterbitkan setiap hari Sabtu.

“Kita mempunyai halaman yang dikhususkan untuk guru dan pelajar yang diterbitkan setiap hari Sabtu. Tentu dengan adanya halaman khusus ini dapat merangsang literasi bagi para pelajar. Selain itu juga dapat menambah kredit point bagi seorang guru jika tulisannya termuat di Harian Rakyat Sumbar,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wako Zul Elfian menyambut niat baik dari Pemred Harian Umum Rakyat Sumbar dalam menggiatkan literasi di Kota Solok. Baginya, dunia literasi sangat menunjang dalam menyukseskan program pemerintah dengan menciptakan pendidikan karakter.

“Program ini harus disambut baik dan dipercepat dalam realisasinya. Apalagi pada saat ini dunia literasi kurang dipahami oleh banyak siswa. Kami meminta Harian Rakyat Sumbar dapat melakukan pelatihan di bidang literasi,” ujar Wako.

Tidak hanya itu, Wako Solok mengingatkan bahwa banyak pelajar kita sekarang yang kurang mengerti dengan tata cara menulis yang baik dan benar, sekarang banyak siswa-siswa setingkat SD dan SLTP yang terpengaruh dengan teknologi, media sosial dan sudah kecanduan dengan game online.

“Apalagi sekarang mereka sekolah di masa pandemi ini, sering menggunakan sistem daring, sehingga saat ini pantauan terhadap siswa disekolah hampir tidak ada,” ucapnya.

Sejak diterapkannya pembelajaran jarak jauh atau belajar daring pada 16 maret 2020 lalu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar maupun sekolah menengah lebih sering melakukan aktivitas dirumah. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab yang besar bagi orang tua terhadap aktivitas belajar anak, terutama dalam hal pengawasan dan bimbingan orang tua terkait aktivitas belajar yang seharusnya dilakukan anak.

Pada kesempatan itu, Wali Kota berpesan agar orang tua murid tetap menjaga dan mengawasi anak-anak mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, jangan sampai generasi muda kita terjebak dengan kegiatan yang tidak bermanfaat atau ke arah negatif.

Dengan adanya program literasi sekolah dari Media Harian Rakyat Sumbar, Zul Elfian meminta kepada Dinas Pendidikan dengan dibantu oleh Diskominfo Kota Solok untuk bersinergi menyukseskan program ini.

“Kita harus mendorong anak didik untuk berkreasi ke arah yang bermanfaat dan lebih baik dengan cara menulis di Media Harian Rakyat Sumbar. Ini kesempatan bagi anak-anak kita dan para guru untuk menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk tulisan,” tutupnya. (gra)

Pos terkait