Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Seni Budaya · 17 Jan 2022 06:50 WIB ·

Kereta Api Sawahlunto Akan Aktif Kembali?


 Kereta Api Sawahlunto Akan Aktif Kembali? Perbesar

Hai Topers, selamat datang di petualangan budaya. Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya, Amiin.

Nah, kalian sudah tahu belum kalau kereta api di Sawahlunto bakal diaktifkan kembali. Kira-kira ada apa ya dengan Sawahlunto? Yuk, mari kita telusuri.

Sawahlunto merupakan salah-satu kota bersejarah di Provinsi Sumatera Barat. Sejak ditemukannya cadangan batu bara di sekitar Sungai Ombilin pada tahun 1867 oleh seorang Geolog berkebangsaan Belanda, Sawahlunto langsung mendapatkan perhatian khusus. Bahkan ditaksir jumlahnya mencapai 205 juta ton, lho Topers, luar biasa, kan?

Nah, orang yang pertama kali menemukan cadangan batu bara ini bernama Willem Hendrik de Greve, saat itu dia memprediksi bahwa dengan cadangan batu bara yang ada di Sawahlunto akan dapat menghidupkan kota Batavia berikut juga dengan kereta-kereta apinya. Maka proyek tersebut langsung digarap dengan serius oleh Belanda.

Untuk membangun Sawahlunto sebagai kota industri, Belanda saat itu menggunakan para tawanan, kriminal, dan orang buangan yang berasal dari pulau Jawa, Kalimantan, dan pulau-pulau di Indonesia lainnya untuk menjadi pekerja. Mereka dirantai dan mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi. Sejak itulah mereka dikenal dengan sebutan orang rantai.

Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 30 Juni – 10 Juli tahun 2019, Tambang Batubara Ombilin berhasil ditetapkan sebagai situs warisan Dunia UNESCO yang ke-32, saat itu ditetapkan di Baku, Azerbaijan.

Wah … luar biasa ya, Topers.

Sabtu kemarin, (15/01/2022) Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didik Hartantyo, menyatakan bahwa pemerintah akan kembali mengaktifkan Kereta Api jalur Muaro Kalaban–Kota Sawahlunto, Topers. Semoga hal ini cepat terwujud, ya.

Didik Hartantyo mengatakan bahwa rencana tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) dan pertemuan dengan pemerintah daerah terkait program pemerintah pusat dalam pengaktifan kembali jalur kereta api di Sumbar. Salah satunya jalur KA Muaro Kalaban-Sawahlunto sepanjang sekitar 4 kilometer itu, Topers.

Nah, beliau juga membocorkan nih, salah satu alasan pengaktifan jalur kereta api tersebut karena Tambang Batu Bara Sawahlunto merupakan salah satu warisan budaya di Sumbar yang sudah diakui dunia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk menghidupkan warisan itu, Topers.

Duh, jadi ngga sabar untuk langsung bertualang ke sana, hehehe.

(Haris)

Hits: 12

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

SDIT Alam Talago Sawahlunto Go To UNP Dan Wana Telabang Sakti

17 September 2022 - 08:39 WIB

Pamalayu: Antara Ekspansi dan Ekspedisi

1 September 2022 - 09:05 WIB

Walikota Sawahlunto Kunjungi Kanwil BPN Sumbar

30 Agustus 2022 - 20:48 WIB

Perdana Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Warga Ikuti Kirab Pawai Obor Sekolah Alam Talago Sawahlunto

30 Juli 2022 - 10:08 WIB

Giliran Sawahlunto Jadi Lokasi PPI Sediakan Paket Sembako Murah dalam Pasar Murah BUMN

29 Juli 2022 - 17:48 WIB

Guru TK/SD IT Alam Talago Sawahlunto Berwisata ke Pantai Piaman

24 Juni 2022 - 20:13 WIB

Trending di Sawahlunto