Sambut MTQ Sumbar, MIUT Thawalib Adakan Khatam Al-Quran

Keterangan Foto : Yayasan Thawalib Berikan Penghargaan dalam Acara Khatam Al-Qur'an MIUT Thawalib
Keterangan Foto : Yayasan Thawalib Berikan Penghargaan dalam Acara Khatam Al-Qur'an MIUT Thawalib

Menyambut MTQ Nasional ke XXXIX tingkat Sumatera Barat (Sumbar) yang dilaksanakan di Padang Panjang bulan Nopember 2021, Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT) Perguruan Thawalib Padang Panjang, Sabtu (30/10/2021) melaksanakan kegiatan Khatam Al-Quran yang diikuti oleh siswa/siswi kelas VI.

Pelaksanaan khatam Al-Quran bertempat di Areal Gedung MIUT Thawalib Jalan Abu Hanifah, Kelurahan Guguk Melintang, Padang Panjang, dihadiri oleh Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, Kepala Kemenag Padang Panjang Alizar Chan, pengurus Yayasan Thawalib serta para wali murid dan undangan.

Pembukaan acara khatam Al-Quran yang berlangsung pada Sabtu pagi tadi, dimeriahkan dengan tari gelombang menerima kedatangan Wali Kota Fadly Amran dan Kepala Kemenag Alizar Chan.

Bacaan Lainnya

Acara juga diisi dengan pemberian apresiasi penghargaan dari Yayasan Thawalib kepada dua orang siswi MIUT Thawalib yang masuk finalis peringkat perunggu kompetisi Bahasa Arab tingkat nasional berupa penghargaan tabungan siswi masing-masing sebesar Rp 1.000.000,-

Kepala Sekolah MIUT Thawalib Dahyar mengatakan, momen pelaksanaan kegiatan khatam Al-Quran MIUT Thawalib bersamaan dengan diadakannya MTQ Nasional tingkat Sumbar yang akan dilaksanakan di Padang Panjang pada November 2021.

“Untuk menyambut pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat tersebut, maka MIUT Thawalib mengadakan khatam Al-Quran yang diikuti oleh seluruh siswa/siswi kelas VI MIUT,” kata Dahyar.

Acara Berlangsung Antusias

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Thawalib Dr. Abrar, M.Ag menjelaskan, kegiatan khatam Al-Quran di MIUT Thawalib adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya dan diikuti oleh siswi/siswi kelas MIUT sendiri.

“Salah satu ciri khas dari sekolah MIUT Thawalib yakni adanya khatam Al-Quran yang diikuti oleh siswa/siswi dan ini rutin diadakan setiap tahunnya. Untuk saat ini, pelaksanaan khatam Al-Quran yang ke 13,” ujarnya.

Pelaksanaan khatam Al-Quran ini, papar Abrar, sejalan dengan target pendidikan yang ditetapkan Yayasan Thawalib untuk MIUT Thawalib yakni para lulusan MIUT harus bisa membaca Al-Quran dan juga hafal Al-Quran.

“Ini target kelulusan yang ditetapkan Yayasan Thawalib, sehingga sejak kelas 1 MIUT para siswa/siswinya sudah diajarkan Al-Quran dalam bentuk tahsin, dan tahfidz sehingga para siswa/siswi dapat membaca Al-Quran,” jelasnya.

Sedangkan Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran mengaku sangat senang dengan dilaksanakannya kegiatan khatam Al-Quran di MIUT Thawalib, sehingga anak anak peserta didik dari jenjang pendidikan sekolah dasar sudah diajarkan Al-Quran.

Hal yang sama dissampaikan kepala Kemenag Padang Panjang Alizar Chan yang menyambut baik dilaksanakan kegiatan khatam Al-Quran di MIUT Thawalib.

“Ini kegiatan yang sangat bermanfaat bagi peserta didik di level sekolah dasar karena sudah diajarkan Al-Quran dan jelas sangat bermanfaat sekali,” katanya.

Pelaksanaan acara khatam Al-Quran mendapat sambutan antusias dari para orang tua yang anak mereka ikut dalam kegiatan tersebut.

Tampak seluruh orang tua mengikuti pembukaan acara pada pagi hari, begitu pula dengan undangan yang hadir.

Sekretaris Umum Yayasan Thawalib, Irwan Natsir dalam keterangan tertulisnya diterima Topsumbar.co.id,Sabtu siang ini, mengatakan MIUT Thawalib adalah salah satu unit sekolah yang berada dibawah Yayasan Thawalib Padang Panjang.

“Unit sekolah jenjang pendidikan sekolah dasar ini memiliki kampus pendidikan tersendiri dengan jumlah peserta didik mencapai 580 orang,” ungkapnya.

Irwan juga menyebutkan memeriahkan acara pembukaan khatam Al-Quran yang ke 13 ini, Yayasan Thawalib memberikan penghargaan kepada dua siswi MIUT Thawalib, yakni Jenifer Shinta dan Septantia Gevana.

“Kepada kedua siswi diberikan penghargaan tabungan masing masing Rp 1.000.000,- atas prestasi meraih perunggu lomba Kompetisi Bahasa Arab Nasional (Kombanas) ke 4 tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab,” sebut Irwan.

“Adapun kegiatan khatam Al-Quran MIUT Thawalib sendiri berlangsung dua hari, yakni Sabtu-Minggu (30-31/10/2021),” pungkasnya.

(AL)

Pos terkait