Pemkab Solok Gelar Bimtek Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Pemerintah Kabupaten Solok menggelar kegiatan bimbingan teknis kompetisi inovasi pelayanan publik dalam rangka membangun dan menciptakan inovasi pelayanan publik sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan di lingkungan pemerintah.

Gelaran kegiatan bimbingan teknis kompetisi inovasi pelayanan publik tersebut diadakan pada hari Senin, 22 Maret 2021 di HW Hotel Padang dan dihadiri langsung oleh Plh Bupati Solok (Aswirman, SE, MM) serta Asisten Koor Administrasi (Sony Sondra, SE, M.Si) dan panitia pelaksana Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi (Zulfadli, S.Pd, MM) serta dihadiri juga Narasumber (Kurniawan Wahid dari Konsultan Kemitraan Internasional).

Pada kesempatan tersebut, Zulfadli, S. Pd, MM dalam laporannya sebagai panitia pelaksana mengatakan bahwa bimtek pertama ini adalah mengenai inovasi, semoga dengan adanya Bimtek ini dapat mewujudkan kontribusi yang baik bagi pelayanan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Bimtek ini bertujuan untuk mendorong pembangunan inovasi pelayanan publik dan mendorong pengembangan serta transfer inovasi pelayanan publik dan juga mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi menerangkan bahwa dalam pelaksanaan reformasi dan birokrasi di masyarakat tidak akan terlepas dari pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah bagi masyarakatnya.

“Berdasarkan dari itu, nantinya akan dilakukan lomba inovasi tingkat Kabupaten Solok yang akan di ikuti oleh SKPD di lingkup Pemkab Solok,” tambahnya.

Terakhir, Zulfadli menyampaikan bahwa Bimtek yang dilaksanakan pada hari ini diikuti oleh 25 orang, yang terdiri dari 20 orang dari lingkup Dinkes, 1 orang masing-masing dari Disdukcapil, DPMPTSPNaker, DPUPR, DLH serta DPPKB&P3A.

Beriringan dengan itu, Plh Bupati Solok H. Aswirman, SE, MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa Inovasi pelayanan  publik merupakan terobosan jenis pelayanan, baik yang itu gagasan/ide kreatif orisinal dan adaptasi /modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Pembinaan inovasi ini nantinya, akan kita lakukan sesuai dengan permenpan nomor 30 tahun 2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik,” jelasnya.

“Dalam peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu area perubahan instansi pemerintah, untuk itu diharapkan, semoga pelaksanaan bimtek ini nantinya dapat menjadi wadah bagi SKPD kita untuk mewujudkan inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik ke depannya,” ungkap Bupati.

Terakhir, Plh Bupati Solok H. Aswirman juga menyampaikan bahwa nantinya kita akan membentuk Mall Pelayanan Publik (MPP) sesuai dengan standar yang ada, dengan adanya MPP tersebut nantinya, akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan berbagai hal yang menyangkut dengan pemerintahan.

(Andar MK)

Pos terkait