UMSB Payakumbuh Bakal Punya Mesjid, Wako Riza Falepi Letakkan Batu Pembangunan Pertama

Usai meletakkan batu pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Kampus IV Payakumbuh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) pada pertengahan tahun 2020 lalu. Kali ini Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekretaris Daerah Rida Ananda meletakkan batu pertama pembangunan gedung mesjid di kampus yang berlokasi di Kelurahan Tanjuang Gadang Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat, Jumat (05/02/2021).

Peletakan batu pertama ini disaksikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhamadiyah Haedar Nashir dan Ketua PWM Sumbar Shofwan Karim secara video conference di Jakarta dan dihadiri oleh Rektor UMSB Riki Saputra, Wakil Rektor Mochammad Abdi, dekan, dosen, perwakilan mahasiswa.

Dalam sambutannya, rektor termuda di Sumbar Riki Saputra menyampaikan sumber dana dari pembangunan mesjid ini adalah bantuan donatur yang tak ingin disebutkan namanya di media, dengan nilai 1,5 milyar, pembangunan mesjid ini diperkirakan akan selesai sebelum bulan ramadhan dan nanti sudah bisa dinikmati oleh warga di lingkungan Kampus IV UMSB dan masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

“Hamba Allah ini tak hanya membiayai pembangunan mesjid kampus IV di Payakumbuh saja, bahkan kampus III di Bukittinggi juga, semoga lancar dan sukses, aman semuanya,” ujar Riki didampingi dosen UMSB Wendra Yunaldi dan Sevindra Juta.

Riki menambahkan, Muhammadiyah juga menyampaikan rasa terima kasih atas semua dukungan yang diberikan oleh Pemko Payakumbuh sehingga UMSB terus berdedikasi memberikan kemajuan dan kesejahteraan umat.

“Beberapa bulan yang lalu, di lingkungan yang sama, dilakukan peletakan batu pembangunan gedung baru kampus IV, dibantu hibah seniliai 1 milyar oleh Pemko Payakumbuh. Kontribusi dari wali kota ini sangat kami apresiasi, insyaAllah tahun ini selesai dan bisa dipakai oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran. Perhatian Wali Kota Riza Falepi dengan pendidikan sangat kami apresiasi, adalah anugerah bagi UMSB diberi dukungan semua pihak,” paparnya.

Dari rektor ini, didapat juga informasi Kampus UMSB bakal dibangun juga di Kabupaten Pasaman dan Dharmasraya, pemerintah daerah dan warga setempat sudah menghibahkan tanah agar adanya kampus V dan VI.

“Dimanapun, apabila Muhammadiyah membangun kampus, maka juga harus ada mesjid agar bisa menampung kebutuhan ibadah orang-orang yang tinggal di dekat sana,” ungkap Riki.

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi menyampaikan apresiasi atas donasi dari Hamba Allah untuk pembangunan mesjid di lingkungan kampus UMSB itu. Menurutnya mesjid itu tak hanya akan memberi manfaat beribadah bagi warga kampus saja, tapi bagi warga sekitar juga.

“Alhamdulillah, mesjid sebagai penunjang kebutuhan ibadah bertambah di Payakumbuh, ini wajib kita syukuri, apalagi dibangun di lingkungan kampus,” kata Riza.

Riza juga memberi angin segar lagi bagi UMSB, dirinya akan kembali mengusahakan bantuan hibah untuk pembangunan gedung fakultas UMSB. Menurutnya Payakumbuh memang butuh kampus-kampus besar agar warganya dapat mengenyam pendidikan yang layak dan berkualitas.

“Hari-hari warga Payakumbuh banyak yang keluar daerah untuk kuliah. Kalau bisa kuliah di daerah sendiri tentu bisa menghemat biayanya, lagi pula kualitas kampus seperti UMSB juga tak kalah dengan universitas lainnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah mengapresiasi Wali Kota Riza Falepi yang telah memberi dukungan kepada UMSB, tak hanya dalam bentuk kebijakan, juga ada anggaran hibah untuk Muhammadiyah.

Bahkan, Ketua PWM Sumbar Shofwan Karim menyebut Riza Falepi adalah sosok yang akrab dengan tokoh-tokoh Muhammadiyah dengan komunikasi yang lancar dan saling mendukung satu sama lain. Menurutnya adalah rezeki yang luar biasa sebuah dukungan dari Wako Riza Falepi yang menghibahkan 1 milyar dari APBD Pemko Payakumbuh demi membangun Fakultas Kedokteran UMSB di Payakumbuh.

“Kami seperti dapat mukjizat, karena sekarang UMSB trennya sedang naik, kemajuan-kemajuannya ini berkemungkinan yang mempermudah UMSB mendapatkan hibah dan bantuan dari mana pun,” ujarnya.

(Ton)

Pos terkait