Pjs. Bupati Pasbar Hansastri : “Pengintegrasian Penanggulangan Bencana Sebagai Prioritas”

Pjs. Bupati Pasaman Barat Hansastri Saat Melakukan Pengecekan Pasukan di Setiap Barisan Apel dalam Rangka Memastikan Kesiapan Pasukan dalam Penanggulangan Bencana di Halaman Polres Pasaman Barat (Ist)
Pjs. Bupati Pasaman Barat Hansastri Saat Melakukan Pengecekan Pasukan di Setiap Barisan Apel dalam Rangka Memastikan Kesiapan Pasukan dalam Penanggulangan Bencana di Halaman Polres Pasaman Barat (Ist)

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Pasaman Barat Hansastri, memimpin apel kesiapsiagaan bencana alam serentak di Halaman Mako Polres Pasaman Barat, Sumatera Barat, Selasa (10/11/2020) pagi.

Dalam pelaksanaan apel, Pjs Bupati Pasaman Barat Hansastri didampingi Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi, S.IK, Waka Polres Pasaman Barat Kompol Abdus Syukur Felani, Pabung 0305 Idham Chalid, selanjutnya Hansastri melakukan pengecekan pasukan di setiap barisan apel dalam rangka memastikan kesiapan pasukan dalam penanggulangan bencana.

Pjs. Bupati Pasaman Barat Hansastri mengatakan, selain dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana, apel digelar dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Bacaan Lainnya

“Ini kita lakukan untuk pengintegrasian penanggulangan bencana sebagai prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah. Selain itu, juga memberi input dalam rangka harmonisasi peraturan-peraturan perundang-undangan terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi penanggulangan bencana di daerah khususnya di Kabupaten Pasaman Barat,” katanya.

Ia menjelaskan, adanya penyelenggaraan penanggulangan dengan dukungan pelaksanaan anggaran yang memadai secara tepat, cepat dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan. Dapat mengingatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, Hansastri juga menambahakan bahwa kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kualitas data informasi dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan pusdalops dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi.

“Di samping itu juga pelaksanakan pembangunan pasca bencana dapat dilakukan lebih baik dan lebih aman dengan memperhatikan kaidah-kaidah pengurangan resiko bencana,” sebutnya.

Dalam Apel tersebut dihadiri oleh Kepala BPBD Pasaman Barat Edi Busti, Kepala Sat Pol PP Pasaman Barat Abdi Surya, Kadis Perkim Adyarsah, Koramil Simpang Empat Kapten Inf. Lilik, para Kasat Polres Pasaman Barat, para Kabag Polres Pasaman Barat, para Kapolsek sejajaran Polres Pasaman Barat, Para Perwira, personil Polres Pasaman Barat, Satpol PP, PMI, dan Dishub Pasaman Barat.

(SR)

Pos terkait