Serei Wangi Sebagai Katrol Peningkatan Perekonomian Masyarakat Solok

Mewabahnya pademi virus Corona (Covid-19) ditengah kehidupan masyarakat pada saat ini, tidaklah menjadi penghalang bagi Wakil walikota Solok Reinier.ST.MM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Berbagai upaya terus dilakukannya, baik itu dibidang perternakan, perdagangan, serta dibidang pertanian, salah satunya pembudidayaan tanaman Serai Wangi.

Diyakininya bahwa Serei Wangi akan bisa dijadikan peluang bisnis besar yang berorientasi kepada mengerucut angka pengangguran serta dapat mengatasi masalah perekonomian masyarakat dipaparkannya dalam Webinar Series STP Universitas Andalas, Senin 8 Juni 2020 melalui Video Conference (Vicon) di E-Gov Monitoring Room Balaikota Solok.

Bacaan Lainnya

Ikut serta pada kegiatan itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengendalian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas Dr.Ing Uyung Gatot S.Dinata,MT, Oil Palm STP Medan Ahmad Gazali S.Sinaga, Ketua STP Unand Dr.Eka Candra Lina, Peneliti Kimia Farma Vanji Ikhsan Azis, Peneliti Unand Dr.Rini B, serta para peserta Webinar Series STP lainnya.

Sementara itu di E-Gov Monitoring Room Balaikota Solok, Reinier,ST.MM didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Solok Bujang Putra, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ikhvan Marosa, Kabag Perekonomian Setda Kota Solok Milda Murniati.

Dalam paparannya wakil walikota Solok menyampaikan selintas tentang potensi dan peluang bisnis serta manfaat dari pembudidayaan sereh wangi didaerah yang ada.

Dikatakatannya, tingginya permintaan pasar terhadap Serei Wangi karena tanaman tersebut merupakan bahan untuk penghasil minyak Atsiri Citronella Oil yang dapat dijadikan salah satu komoditas senyawa aktif yang berpotensi sebagai anti bakteri. Adapun kandungan yang terdapat dalam Serei Wangi antara lain adalah Sitronellal, geraniol, dan Sitronellal.

Serei wangi juga dapat diproses menjadi shampo, sabun mandi anti kuman, dan minyak gosok serai wangi, dan dikatakannya minyak serai wangi memiliki nilai jual yang tinggi dipasaran terutama di negara tetangga yakni Malaysia.

Lebih jauh Reinier,ST.MM menyampaikan, selain untuk peluang bisnis di Kota Solok pembudidayaan serai wangi juga menjadi sebuah momen untuk memproduktifkan lahan tidur yang ada, dan dalam hal itu masyarakat petani serai wangi juga diberi pembinaan.

Menutup paparan yang disampaikannya itu, Wawako Solok memberikan apresiasi kepada Unand yang sudah menjadikan serai wangi menjadi salah satu solusi menghindari Covid-19, yakni dengan membuat produk kalung Asliko yang berbahan minyak serai wangi. (Gia)

Pos terkait