Pasien Positif Corona Bertambah 2 Orang Di Kota Solok

Kabag Forkomp Kota Solok (Jubir Covid-19) Nurzal Gustin, S.STP, M.Si
Kabag Forkomp Kota Solok (Jubir Covid-19) Nurzal Gustin, S.STP, M.Si

Media center gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 pemerintah Kota Solok menginformasikan terjadinya penambahan sebanyak 2 (dua) pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah tersebut dan telah tercatat sebagai pasien 03 dan 04.

Warga kota Solok yang telah ditetapkan positif terinfeksi tersebut berinisial Y (46 th) dan WA (8 th) yang merupakan ibu dan adiak kandung dari pasien 02 yang berinisial SP (baca Top Sumbar.Co.id edisi Sabtu 20 Juni 2020).

Dari keterangan Pers yang disampaikan oleh juru bicara (jubir) tim gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 Kota Solok, Nurzal Gustim, S.STP, M.Si menyebutkan, dua pasien baru tersebut saat ini telah diisolasi di posko Covid-19 Banda Panduang, Rabu 24 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Diketahuinya ibu dan anak itu positif Covid-19 adalah berdasarkan laporan dari Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso.

Nurzal Gustin menyebutkan, pada 22 Juni 2020 lalu tim gugus tugas melakukan tes swab terhadap 39 orang terdekat pasien 02 positif Covid-19, dan hasil swab dikirim ke Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas untuk dilakukan uji labor.

Dan tepatnya pada hari ini Tim Laboratorium telah mengeluarkan dan menyampaikan ke tim gugus tugas hasil ujilabor tersebut, dari 39 sample swab yang dikirim berdasarkan hasil tracing survailance, dinyatakan terkonfirmasi positif sebanyak 2 (dua) orang, dan lainnya dinyatakan negatif Covid-19.

Lebih jauh Kabag Forkomp itu menyampaikan, upaya lebih lanjut untuk penanganan pasien 03 dan 04 positif Covid-19 tersebut, saat ini tim surveilance gugus tugas langsung memperdalam proses tracing terhadap pasien terutama di lingkungan tempat tinggalnya.

Selain itu, upaya lain yang akan dilakukan tim gugus tugas adalah mengaktifkan kembali operasional Puskesmas Tanah Garam dan tempat penanganan Covid-19 lainnya yang ada di Kota Solok.

Mengakhiri Jumpa pers yang dilaksanakan pada Rabu itu, Jubir Covid-19 Kota Solok menyampaikan, dengan adanya tambahan dua kasus pasien terkonfirmasi pisitif Covid-19, terakumulasi bahwa di kota Solok telah menangani 4 (empat) kasus yang ada, sementara itu tiga diantaranya adalah satu keluarga.

Kami atas nama gugus tugas tidak bosan-bosannya menghimbau untuk tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif aman Covid-19, tetaplah mempergunakan masker, jaga jarak, serta menjalankan pola hidup bersih dan sehat, ungkapnya mengakhiri.

(Gia)

Pos terkait